Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi narasi jenis ekspositoris. Dengan mengetahui kevalidan media, kepraktisan, dan keefektifan media kartu UNO. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui lembar validasi mediamateri, validasi ahli media, lembar observer, lembar angket tanggapan guru, lembar angket tanggapan siswa, lembar tes pretes dan postes.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan kualitas media dengan persentas 94% sangat valid oleh ahli materi dan 90% sangat valid dari ahli media. Kepraktisan media kartu UNO mendapat persentase 93% dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, 91% dari angket guru, dan 96% dari angket siswa. Sedangkan keefektivan media kartu UNO uji coba kelas kecil diperoleh 1.834 dan uji coba kelas besar 1.730 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar, dengan demikian media kartu UNO dikatakan layak untuk digunakan pada materi narasi di kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengembangan media, media kartu UNO, narasi
The purpose of this study is to produce appropriate learning media to be used in learning Indonesian subjects with expository type narrative material. By knowing the validity of the media, the practicality and effectiveness of the UNO card media. The type of research used is the research development of the ADDIE model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation.
Data obtained from this study through material expert validation sheets, expert media validation, observer sheets, teacher response questionnaire sheets, student response questionnaire sheets, pretest and posttest test sheets.
The results obtained from this study indicate the quality of media with a 94% percentage is very valid by material experts and 90% is very valid from media experts. The practicality of UNO card media received a percentage of 93% from the results of observations of the implementation of learning, 91% of teacher questionnaires, and 96% of student questionnaires. Whereas the effectiveness of UNO card trials in small classes was obtained t_count = 6.89> t_table = 1.834 and large class trials t_count = 5.45> t_table = 1.730 with a significant level of 5%. This shows an increase in learning outcomes, thus the media of UNO cards is said to be feasible to be used in narrative material in class IV of Elementary School.Keywords: Media development, UNO card media, narrative