HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI DAN PERFORMA MENULIS MEREKA
THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS SELF EFFICACY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT AND THEIR WRITING PERFORMANCE
Performa menulis merupakan aspek yang berkorelasi signifikan terhadap kemampuan menulis sebagai salah satu bagian penting dalam kurikulum sekolah. Sedangkan efikasi diri menulis adalah apa yang siswa yakini selama proses mereka terlibat dengan kegiatan menulis yang merupakan gabungan multi-dimensi dari efikasi diri linguistik, efikasi diri pengaturan diri, dan efikasi diri kinerja. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara performa menulis siswa dan efikasi diri menulis mereka, tetapi tidak ada penelitian yang mengkajinya terhadap siswa tingkat menengah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri menulis siswa sekolah menengah dan menganalisis adakah hubungan antara efikasi diri menulis siswa dengan performa menulis mereka di sekolah menengah, terutama dalam menulis teks deskriptif. Data dikumpulkan melalui tahap pengadaan survei L2WSS terhadap 20-40 siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Sumenep, tahap penilaian performa menulis peserta menggunakan Level-Specific Checklist of Binary Choice Items, dan terakhir pengujian korelasi antara efikasi diri menulis dan performa menulis menggunakan program SPSS 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata efikasi diri menulis siswa adalah 4,83 dari rentang 1-2 sebagai tingkat rendah, 3-5 sebagai sedang, dan 6-7 sebagai tinggi, sehingga hasil ini tergolong ke dalam efikasi diri tingkat sedang. Sedangkan analisis korelasinya memberikan nilai signifikansi 0,602 yang lebih besar dari 0,05 (p>0,05), sehingga berarti bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara efikasi diri menulis dengan performa menulis siswa pada tingkat sekolah menengah khususnya dalam menulis teks deskriptif
Kata Kunci: Menulis, Performa Menulis, Efikasi Diri Menulis.
Writing performance is an aspect correlated significantly to writing as one of the essential part in the school curriculum. While writing self-efficacy is what students believe in the way they engaged with writing activities which is a multi-dimensions of linguistic self-efficacy, self-regulatory self-efficacy, and performance self-efficacy. Previous studies indicate that there is a significant correlation between students’ writing performance and their writing self-efficacy, but there is no research discussing it at secondary level of students. Thus, the current study is aimed to find out the writing self-efficacy level of secondary students and analyze whether there is any correlation between students writing' self-efficacy and their writing performance at secondary level, especially in writing descriptive text. The data are collected through conducting L2WSS survey on 20-40 eleventh grade students from SMA Negeri 1 Sumenep, valuing their writing performance using a Level-Specific Checklist of Binary Choice Items, and finally examining the correlation between writing self-efficacy and writing performance using SPSS 2016 program. The result shows that mean value of students writing self-efficacy is 4.83 from the range of 1-2 as the low level, 3-5 as the moderate, and 6-7 as the high, so it is considered as a moderate level of writing self-efficacy. While the correlational analysis shows significance value is 0.602 which is more than 0.05 (p>0.05), so that means there is no significance correlation between students writing self-efficacy and their writing performance at secondary level especially in writing descriptive text.
Keywords: Writing, Writing Performance, Writing Self-Efficacy.