Pengembangan Media Diorama untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Development of Diorama Media for Learning Poetry Writing Skills
for Grade IV Elementary School Students
Media Diorama merupakan suatu rangkaian media yang menggambarkan kejadian yang dibuat serupa dengan aslinya yang memiliki bentuk lebih kecil. Dengan adanya pengembangan media diorama dapat membantu siswa menulis puisi. Dari media diorama ini, siswa dapat menentukan judul, kerangka, dan isi puisi. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan media dan kualitas media dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar. Dengan menggunakan jenis model ADDIE yang memiliki lima tahapan. Hasil penelitian pengembangan media ini memiliki kualitas baik sehingga dapat dikatakan layak untuk diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis puisi bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Dengan perolehan kevalidan dari para ahli media sebesar 96%, dari ahli materi 95%, dan dari nilai rata-rata berdasarkan lembar angket siswa 98%.
Kata Kunci: pengembangan, media diorama, menulis puisi.
Diorama Media is a media created. With the development of media, dioramas can help students write poetry. From this diorama media, students can determine the title, move, and the contents of the poem. This research studies the learning process of media development and media quality in learning to write poetry for fourth grade students of elementary schools. By using the ADDIE model type which has five stages. The results of this media development research are of good quality that can be submitted appropriately to be applied to the learning of writing skills for fourth grade students of elementary schools. With validity approval from media experts 96%, from material experts 95%, and from an average score based on 98% student questionnaire sheets.
Keywords: development, diorama’s media, poetry writting.