VARIASI BAHASA DALAM IKLAN PROVIDER BY.U
Bahasa memiliki fungsi utama, yakni sebagai alat komunikasi atau alat interaksi sosial yang hanya dimiliki manusia. Salah satu keistimewaan yang membedakan sistem komunikasi bahasa dari sistem komunikasi makhluk lainnya adalah bersifat dinamis dan terbuka. Artinya, lambang-lambang ujaran baru dapat dibuat sesuai dengan keperluan manusia. Bahasa itu tidak terlepas dari berbagai kemungkinan perubahan yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Adanya sifat tersebut menimbulkan kevariasian dalam bahasa. Variasi bahasa juga terdapat dalam iklan provider By.U. Provider yang baru mengudara pada Oktober 2019 ini, menggunakan variasi bahasa yang menarik untuk mengenalkan dan memasarkan produknya di masyarakat. Bahasa yang digunakan By.U untuk beriklan unik dan berbeda dengan bahasa yang digunakan oleh provider lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis variasi bahasa dan faktor penyebab variasi bahasa dalam iklan provider By.U. Kosakata maupun kalimat yang digunakan dalam iklan provider By.U dianalisis melalui kajian variasi bahasa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode simak dengan teknik sadap dan catat. Sedangkan, teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan provider By.U ditemukan variasi bahasa dari empat segi (penutur, penggunaannya, keformalan, dan sarana) dan terdapat lima faktor eksternal yang menyebabkan adanya variasi bahasa.
Language has the main function, namely as a communication tool or social interaction tool that only humans have. One of the privileges that distinguish the language communication system from other creature communication systems is that it is dynamic and open. That is, the symbols of new speech can be made according to human needs. The language is inseparable from the various possible changes that can occur at any time. The existence of such properties gives rise to variety in language. Language variety are also found in By.U provider advertisement. The provider, which only aired in October 2019, uses a variety of interesting languages to introduce and market its products in the community. The language used by By.U to advertise is unique and different from the language used by other providers. This study aims to identify and analyze language variety and factors that cause language variety in By.U provider advertisement. Vocabulary and sentences used in By.U provider advertisements are analyzed through studies of language variety. This research includes qualitative research with library study data collection techniques. The research method used is a method of listening to tapping and taking notes techniques. Meanwhile, data analysis techniques of this research use descriptive qualitative analysis techniques. The results showed that in By.U provider advertisements, there were four-faceted language variety (user, function, formality, and means) and there were five external factors that caused language variety.
Keywords: language variety, provider advertisement, sociolinguistic.