Penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri mengacu pada keyakinan individu bahwa ia akan berhasil pada tugas yang diberikan. Setiap peserta didik memiliki efikasi diri yang berbeda-beda, ada yang tinggi ada pula yang rendah. Efikasi diri sangat mempengaruhi hasil pencapaian peserta didik, Maka dari itu dengan penerapan strategi cognitive restructuring diharapkan mampu meningkatkan efikasi diri
Cognitive Restructuring menggunakan asumsi bahwa respon-respon perilaku dan emosional yang tidak adaftif dipengaruhi oleh keyakinan, sikap, persepsi (kognisi) klien,selain itu Srategi Cognitive Restrukturing didasarkan pada dua asusmsi 1) pikiran irasional dan kognitif detektif( perilaku sengaja yang memilki efek negative pada diri sendiri dan 2) pikiran dan pernyataan tentang diri sendiri dapat diubah memalui perubahan pandangan dan kognisi personal. Desain penelitian ini menerapkan desain pretest & posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Cerme yang memiliki tingkat efikasi diri rendah. Data dianalisis melalui Uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai penghitungan tabel z> z, yaitu -2,023. Nilai asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,0043 <0,05. karenanya,Ho ditolak. Ini berarti bahwa konseling individu dengan strategi cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik.
Kata Kunci : Efikasi diri, Cognitive Restructuring, Konseling Individu.
Studies show that academic self-efficacy refers to individual's belief that he will succeed in the task given. Every student has different self-efficacy, some are high and some are low. self-efficacy greatly influences the results of student achievement. Therefore, the application of cognitive restructuring strategy expected to improve academic self-efficacy.
Cognitive Restructuring uses the assumption that non-adaptive behavioral and emotional responses are influenced by the client's beliefs, attitudes and perceptions (cognitions), besides Cognitive Restructuring is based on two assumptions 1) irrational and cognitive detective thoughts (intentional behaviors that have negative effects on yourself and 2) thoughts and statements about self can be changed through changes in personal views and cognitions. The design of this study applied the pretest & posttest. The subjects in this study were VII grade students of Cerme 1 Junior High School who had low levels of self-efficacy. Data were analyzed through Wilcoxon Test. The results of this study indicate that the calculation value of z> z table, which is -2,023. Asymp value. Sig. (2-tailed) is 0.0043 <0.05. hence, Ho is rejected. This means that counseling of individuals with cognitive restructuring strategy is effective for improving students' self-efficacy.
Keywords: Self Efficacy, Cognitive Restructuring, Individual Counseling