ABSTRAK
PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK
DENGAN TEKNIK MODELING PARTISIPAN UNTUK MENINGKATKAN PARCAYA DIRI SISWA SAAT
MENGEMUKAKAN PENDAPAT
Nama : Vika Wulandari
NIM : 13010014076
Program Studi :
S1 Bimbingan dan Konseling
Jurusan : Bimbingan dan
Konseling
Fakultas : Fakultas Ilmu
Pendidikan
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Denok Setiawati,
S.Pd.M.Pd.Kons
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan layanan konseling
kelompok dengan teknik modeling partisipan untuk meningkatkan percaya diri
siswa saat mengemukakan pendapat di SMAN 2 Karangan. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh percaya diri siswa yang rendah saat ingin mengemukakan pendapat
sehingga menyebabkan keberhasilan proses pembelajaran terhambat. Pola komunikasi
yang dilakukan dari satu arah
menjadikan proses pembelajaran seperti
tempat
penyampaian informasi dimana guru
lebih aktif sedangkan siswa pasif.
Pola komunikasi
dalam proses pembelajaran di kelas akan lebih efektif manakala pola komunikasi dilakukan secara multi arah. Dalam arti,
komunikasi tidak hanya terjadi dari guru kepada siswa, atau sebaliknya dari
siswa kepada guru, tetapi juga antara siswa dengan siswa.
Jenis atau
desain penelitian yang digunakan adalah pre
– eksperimental design dalam bentuk one
group pre-test-postest dengan subyek 6 siswa yang memilik percaya diri
rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket dengan 55
item pernyataan.
Hasil dari
penelitian ini dengan menggunakan Teknik analisis data dengan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 17.0 for windows . Pada kotak test statistics diketahui nilai ρ adalah -0,208 dan nilai signifkansi sebesar 0,028. Bila dalam ketetapan (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka bahwa
Ho ditolak dan Ha diterima dengan menunjukan 0,028 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signfikan
kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat setelah mendapat layanan konseling
kelompok dengan teknik modeling partisipan di SMAN 2 Karangan.
Kata
kunci : percaya diri , konseling kelompok
, modelling partisipan
ABSTRACT
APPLICATION
OF GROUP COUNSELING WITH MODELLING PARTICIPANT TECHNIQUE TO INCREASE STUDENT
SELF CONFIDENCE WHEN SUGGESTED
Name :
Vika Wulandari
Registratiom Number : 13010014076
Study Program : S1 Guidance and Counseling
Departemen : Guidance and Counseling
Faculty :
Education Faculty
University : State University Of Surabaya
Advisor : Denok Setiawati, S.Pd.M.Pd.Kons
This research purposed
to know the effectiveness of the application of group counseling with modelling
participant technique to increase student self-confidence when suggested in SMA
Negeri 2 Karangan. This event will be based on research by the confident low
when students want to suggested so that the cause of the success of the
learning process is hampered. The pattern of communication that is done from
one direction make the learning process as the place of delivery of information
where more active teacher while students are passive. The communication pattern
in the process of learning in the classroom will be more effective when the
communication pattern done in multi directions. In a sense, communication is
not only occurs from teacher to student, or conversely from students to
teachers, but also between students with the students.
The type of research or design used was
pre – experimental design in the form of one group pre-test-postest with the
subject of 6 students who have low confidence. Research on data collection technique
using question form with 55 item statement.
The results of this research by using
Techniques of data analysis with the wilcoxon test with the help of SPSS
version 17.0 for windows. The test statistics are known the value of ρ is-0.208
and value signifkansi of 0.028. When in the Ordinances of the α (extent of
error) of 5% is 0.05 then that Ho was rejected and accepted by the Ha showed
0.028 0.05 so inconclusive < that there is improvement signfikan self confidence
in the suggested after got the group counseling with modeling participant technique
in SMAN 2 Karangan.
Key
words: Self confident, counseling groups, modelling participants