IDENTIFIKASI KENDALA PEMBELAJARAN DARING PJOK DI SMK SE-KABUPATEN GRESIK
identification of barriers to online learning of physical education in vocational schools throughout Gresik Regency.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu ruang lingkup satuan pendidikan. Selama masa pandemi Covid-19 aktivitas belajar mengajar di sekolah khususnya pembelajaran (PJOK) yang seharusnya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi kegiatan belajar mengajar dengan sistem dalam jaringan (daring) di rumah, termasuk pembelajaran PJOK yang juga dilaksanakan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala guru PJOK terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada SMK Se-Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penelitian survei. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 26 guru PJOK dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan inikriteria sampel yaitu guru PJOK dengan usia diatas 30 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berisi item pernyataan dan terdiri dari tiga indikator yaitu metode pembelajaran, motivasi siswa dan sarana prasarana. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah presentase. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah kejuruan mengalami kendala besar dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19.
Kata Kunci : pendidikan jasmani; pembelajaran daring; kendala
Physical Education (PE), Sports, and Health is one of the scopes of the education unit. During the Covid-19 pandemic, teaching and learning activities in schools, especially learning (PE) which should be carried out face to face, turned into teaching and learning activities with an online system at home. The purpose of this study was to find out the obstacles of PE teachers to online learning during the Covid-19 pandemic at Vocational High Schools throughout Gresik Regency. The method used is descriptive quantitative with survey research. The sample in this study was 26 PE teachers with purposive sampling technique and the sample criteria were PE teachers aged over 30 years. The data collection uses a questionnaire which containing statement items in three indicators namely learning methods, student motivation, and infrastructure. The data analysis technique used in this research is the percentage analysis. Based on the results of the study, it can be concluded that sports and health physical education teachers in vocational high schools experienced major obstacles in online learning during the Covid-19 pandemic.
Keyword : physical education; online learning; problem