INFLUENCE OF ACTIVITIES MARKET DAY ON COOPERATION ABILITY IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS
Penelitian ini mengenai pengaruh kegiatan market day terhadap kemampuan kerja sama pada anak usia 4-5 tahun yang berlatar belakang pada kemampuan kerja sama yang belum berkembang. Dalam hal ini diharapkan melalui kegiatan market day anak dapat mengembangkan kemampuan kerja sama. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan market day terhadap kemampuan kerja sama pada anak usia 4-5 tahun. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian quasi eksperimen (nonequivalent pretest-posttest control group design) yang dilaksanakan pada dua lembaga yaitu TK Siswa Budi II sebagai kelompok eksperimen dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 50 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 15 anak. Pada kelompok eksperimen akan diberikan pretest, treatment berupa kegiatan market day, dan posttest. Untuk kelompok kontrol diberikan pretest, treatment dari guru berupa kegiatan bersih lingkungan sekolah, dan posttest. Pada uji Mann Whitney U Test didapatkan hasil bahwa pada tes kemampuan awal (pretest) antara kelompok eksperimen dan kontrol tidak memiliki perbedaan secara signifikan mengenai kemampuan kerja sama. Dan setelah pemberian perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kelompok. Pada uji Mann Whitney U Test dilakukan penghitungan dengan menghitung selisih dari nilai kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Didapatkan bahwa kelompok eksperimen memiliki peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan market day memiliki pengaruh pada kemampuan kerja sama pada anak usia 4-5 tahun.
Kata Kunci : Market Day, Kerja Sama, Eksperimen
This study is about the effect of market day activities on cooperation skills in children aged 4-5 years who have a background in cooperation skills that have not yet developed. In this case, it is expected that through market day activities children can develop cooperation skills. The objectives to be achieved in this study are to determine the effect of market day activities on cooperation skills in children aged 4-5 years. The research method used is a quasi-experimental research type (nonequivalent pretest-posttest control group design) which was carried out in two institutions, namely Kindergarten Siswa Budi II as the experimental group and Kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 50 as the control group with 15 students each. In the experimental group, a pretest, treatment in the form of market day activities, and a posttest will be given. For the control group, a pretest, treatment from the teacher in the form of school environment cleaning activities, and a posttest will be given. In the Mann Whitney U Test, the results showed that in the initial ability test (pretest) between the experimental and control groups there was no significant difference regarding cooperation skills. And after the treatment was given, there was a significant difference between the two groups. In the Mann Whitney U Test, calculations were carried out by calculating the difference between the values of the two groups, namely the experimental group and the control group. It was found that the experimental group had a more significan increase compared to the control group. So it can be concluded that market day activities have an influence on the ability to cooperate in children aged 4-5 years.
Keywords: Market Day, Cooperation, Experiment