Reni Rahmayanti, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Metode Pictorial Riddle Pokok Bahasan Konflik Sosial Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas XI IIS MAN Karimun. TESIS. Pembimbing I: DR. Agus Suprijono, M.Si, Pembimbing II: Prof. Dr. Ali Haidar, MA. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Negeri Surabaya
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran inkuiri metode Pictorial Riddle terhadap kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan konflik sosial kelas XI IIS MAN Karimun; (2) Untuk mengukur besar perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model inkuiri metode pictorial riddle
Penelitian ini menggunakan metode True experiment, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design teknik pengambilan cluster random sampling terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas XI IIS1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle, dan siswa kelas XI IIS2 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Data penelitian diperoleh melalui tes essay untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis Uji Independen Sampel T-test dan Uji N-Gain
Hasil perhitungan analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,32 dan nialai rata-rata kelas kontrol 71,76 dengan taraf signifikan α = 0,05 memiliki nilai signifikansi α < 0.05, yakni Sig (2 -tailed) 0.0007 < 0.05. Berdasarkan hasil perhitungan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri metode pictorial riddle tehadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI IIS MAN Karimun
Kata kunci: Model Pembelajaran inkuiri, Pictorial Riddle, Kemampuan Berpikir Kritis
Reni Rahmayanti, 2019. The Effect of Inquiry Learning Model on theMethod Pictorial Riddle Main Subject to Social Conflict Against Critical Thinking Ability in Class XI IIS of MAN Karimun. THESIS. Advisor I: DR. Agus Suprijono, M.Sc., Supervisor II: Prof. Dr. Ali Haidar, MA. Postgraduate Social Sciences Education Study Program. Surabaya State University
ABSTRACT
This study aims to: (1) To explain the influence of themethod of inquiry learning model Pictorial Riddle on critical thinking skills on the subject of social conflict class XI IIS MAN Karimun; (2) To measure the difference in influence of students' critical thinking skills using themethod of inquiry model pictorial riddle
This study uses themethod True experiment, with the Pretest-Posttest Control Group Design designcollection technique cluster random samplingis divided into two classes, namely class XI IIS1 as the experimental class who received the treatment of learning using thetype inquiry learning model pictorial riddle, and students of class XI IIS2 as a control class that received treatment using PBL learning model (Problem Based Learning). The research data was obtained through essay tests to measure students' critical thinking skills. Data analysis using analytical techniques Independent Test Samples T-test and N-Gain Test
The results of the calculation of data analysis obtained the average value of the experimental class 79.32 and the mean value of the control class 71.76 with a significance level α = 0.05 has a value significance α <0.05, namely Sig (2 -tailed) 0.0007 <0.05. Based on the calculation results there is a significant effect of inquiry learning model on themethod pictorial riddle towards critical thinking skills of class XI IIS MAN Karimun students.
Keywords: Inquiry Learning Model, Pictorial Riddle, Critical Thinking Ability