PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI
Nama : Mukhammad Syafi’
NIM : 19060464076
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas : Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Taufiq Hidayat., S.Pd, M.Kes.
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru pada pengelolaan kelas saat jam pembelajaran berlangsung yang bertujuan untuk menjelaskan, membimbing, dan mengarahkan peserta didik. Pada setiap sekolah atau mata pembelajaran salah satunya pembelajaran PJOK terdapat suatu permasalahan-permasalahan yang dapat terjadi ketika pembelajaran sedang berlangsung, dalam penelitian yang dilakukan di SMPN 1 Tanggulangin, peneliti melihat adanya permasalahan pada pembelajaran bolavoli pada teknik dasar passing bawah diantaranya yaitu kurangnya motivasi, bosan dan takut melakukan gerakan passing bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dan dapat mencari solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli kelas VIII SMPN 1 Tanggulangin.
Metode penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, untuk jenis eksperimen semu dipilih karena peneliti ingin mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan suatu perlakuan pada saat proses pembelajaran. Design penelitian ini menggunakan Non-Randomized Control Pretest-Posttest design. Sampel yang digunakan untuk mengambil data pada penelitian adalah Cluster Random Sampling dan untuk jumlah kelas dalam penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VIII-1 dan kelas VIII-5 dengan total jumlah 72 siswa. Pada pelaksanaan penelitian disertai dengan izin dengan 4 kali pertemuan yaitu, pretest, treatment, treatment, dan posttest dengan pengambilan data terfokus pada ranah pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan instrument tertentu terkait dengan materi bolavoli.
Hasil penelitian diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0 dan hasil analisis data mendapatkan hasil pretest ranah pengetahuan dan keterampilan sebesar 49,92 untuk pengetahuan dan 49,03, untuk posttest mendapatkan nilai mean sebesar 70,14 untuk pengetahuan dan 78,56 untuk keterampilan. Uji t telah dilakukan dan mendapat nilai ranah pengetahuan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan ranah keterampilan sebesar 0,001 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas VIII-1 kelompok kelas eksperimen dan mendapatkan peningkatan hasil belajar pada ranah pengetahuan sebesar 40,50% dan ranah keterampilan sebesar 60,22% akibat dampak dari perlakuan yang diberikan oleh peneliti pada mata pelajaran PJOK materi passing bawah bolavoli. Saran yang dapat peneliti sampaikan pada penelitian ini yaitu bagi guru PJOK dan peneliti selanjutnya untuk dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan menyampaikan materi pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi bersemangat dan aktif dalam pembelajaran sehingga dapat menghasilkan hasil belajar siswa maksimal dalam ranah pengetahuan dan ranah keterampilan.
Kata kunci: Pembelajaran TGT, Passing dan Bolavoli.
APPLICATION OF A COOPERATIVE LEARNING MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TYPE WITH A SCIENTIFIC APPROACH TO LEARNING OUTCOMES OF VOLLEYBALL BOTTOM PASSING
Name : Mukhammad Syafi'
Study Program : Bachelor's degree
Major : Physical Education, Health and Recreation
Faculty : Sports and Health Sciences
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Taufiq Hidayat., S.Pd, M.Kes.
The learning process is an activity carried out by the teacher in class management during learning hours which aims to explain, guide, and direct students. In every school or learning subject, one of which is PJOK learning, there are problems that can occur when learning is taking place. In research conducted at SMPN 1 Tanggulangin, researchers saw problems in learning volleyball in the basic technique of passing down, including lack of motivation, and boredom. and afraid to make downward passing movements. This research aims to overcome problems and find solutions to improve student learning outcomes by applying the TGT-type cooperative learning model with a scientific approach to learning outcomes for class VIII volleyball passing at SMPN 1 Tanggulangin.
This research method is a quasi-experimental type with a quantitative approach. The quasi-experimental type was chosen because the researcher wanted to know student learning outcomes after being given treatment during the learning process. This research design uses a Non-Randomized Control Pretest-Posttest design. The sample used to collect data in the research was Cluster Random Sampling and the number of classes in the research was 2 classes, namely class VIII-1 and class VIII-5 with a total of 72 students. The implementation of the research was accompanied by permission for 4 meetings, namely, pretest, treatment, treatment, and posttest with data collection focused on the realm of knowledge and skills using certain instruments related to volleyball material.
The research results were processed using the SPSS version 25.0 application and the results of data analysis obtained pretest results in the knowledge and skills domain of 49.92 for knowledge and 49.03, for the posttest a mean value of 70.14 for knowledge and 78.56 for skills. The t-test has been carried out and obtained a significant knowledge domain value of 0.000 < 0.05 and a skills domain of 0.001 < 0.05, it can be concluded that there is a significant increase in the learning outcomes of class VIII-1 students in the experimental class group and there is an increase in learning outcomes in the knowledge domain was 40.50% and the skills domain was 60.22% due to the impact of the treatment given by researchers on the PJOK subject of volleyball under passing material. The suggestions that researchers can convey in this research are for PJOK teachers and future researchers to be able to continue to innovate and improve the quality of learning and deliver learning materials that can make students enthusiastic and active in learning so that they can produce maximum student learning outcomes in the realm of knowledge and the realm of skills.
Keywords: TGT Type Learning, Underpassing, and Volleyball.