ABSTRAK
Sejalan dengan perkembangan paradigma dunia tentang pendidikan, pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang semakin berat. Salah satu tantanganya adalah bahwa pendidikan hendaknya menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi yang utuh. Senada dengan orientasi pembelajaran abad ke-21 , maka pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 sebagai kegiatan inti dari proses pendidikan memainkan peranan penting dalam membentuk kualitas siswa. Oleh sebab itu pengubahan pendidikan perlu dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaram di sekolah yang selama ini terbentuk.
Penyampaian materi sejarah di sekolah sampai saat ini masih membosankan sehingga minat dan motivasi siswa dalam mempelajari sejarah masih kurang. Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat membuat siswa merasa bosan sehingga siswa kurang aktif dan kurang memahami materi yang diajarkan. Peneliti menerapkan model pembelajaran problem based learning yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Model pembelajaran problem based learning yang di ekperimenkan dalam penelitian ini menggunakan metode kooperatif dengan materi diskusi bersifat konstektual (CTL).
Materi diskusi bersifat konstektual yang digunakan menuntut siswa untuk memecahkan permasalahan secara berkelompok. Dari proses diskusi dengan materi diskusi bersifat konstektual dalam kegiatan pembelajaran interaksi antar siswa meningkat. Peningkatan interaksi siswa membuat siswa menjadi aktif dalam kegaiatan pembelajaran. Keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar sejarah di kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Tarik.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen true eksperimental design dengan desain penelitian control group pretest postest. Metode penelitian eksperimen sebagai metode untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan postest, angket serta dokumentasi. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian lapangan yang memiliki tujuan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran sejarah.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis pada tiga kompetensi belajar siswa dengan menggunakan Uji independent t-test memperoleh signifikansi masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol berdasarkan penilaian kompetensi pengetahuan (0,019<0,05), kompetensi sikap (0,022<0,05) dan kompetensi keterampilan sebesar (0,0311<0,05) dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen juga dilihat dari Uji N-Gain yang yang digunakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based learning di kelas eksperimen secara keseluruhan mendapatkan hasil 74,25% dengan kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 62,99% dengan kategori cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat selisih 11,26% menunjukkan model pembelajaran problem based learning berdampak pada kemampuan berpikir tingkat tinggi karena terdapat unsur konstruktivistik transformatif pengetahuan sehingga hasil belajar yang dicapai pada problem based learning merupakan hasil belajar tingkat tinggi.
Hasil analisis peningkatan hasil belajar kelas eksperimen juga dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Hasil pengelolaan pembelajaran di kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat baik sedangkan hasil pengelolaan pembelajaran di kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 3,4 dengan kriteria baik. Hasil penilaian aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar memperoleh skor rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat baik sedangkan hasil penilaian kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 3,4 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil angket model pembelajaran problem based learning yang diberikan peneliti pada akhir penelitian pembelajaran di kelas memperoleh partisipasi secara keseluruhan diatas 80%. Presentase ini menunjukkan bahwa siswa setuju dengan pernyataan terebut karena siswa mampu mengikuti langkah-langkah pembelajaran problem based learning. Berdasarkan hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Tarik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran problem based learning, Hasil Belajar Siswa, Pelajaran Sejarah
ABSTRACT
In line with the development of the world paradigm of education, education is faced with several increasingly difficult challenges. One challenge is that education should produce human resources (HR) that have complete competence. In line with a 21st-century learning orientation, learning in the context of the 2013 curriculum as a core activity of the education process plays an important role in shaping the quality of students. Therefore changing education needs to be done to improve the quality of learning in schools that have been formed.
The submission of historical material at school is still boring so that students' interest and motivation in studying history is still lacking. The use of inappropriate learning models makes students feel bored so students are less active and lack understanding of the material being taught. The researcher applies a problem-based learning model that is expected to improve student learning outcomes on historical subjects. The problem-based learning model that was experimented on in this study used cooperative methods with contextual discussion material (CTL).
Contextual discussion material that is used requires students to solve problems in groups. From the process of discussion with discussion material that is contextual in learning activities the interaction between students increases. Increased student interaction makes students active in learning activities. The activeness of students in learning can improve the learning outcomes of history in the knowledge competencies, attitudes, and skills of XI IPS 1 student at SMAN 1 Tarik.
The method of this research is the true experimental design experimental method with the control group pretest-posttest research design. The experimental research method as a method to determine whether there are differences in learning outcomes of the experimental class using the problem-based learning model and the control class using the scientific approach. Data collection techniques using pretest and posttest, questionnaire and documentation. The type of experimental research used is field research which has the purpose of solving problems in learning history.
The results of this study indicate that there are significant differences in the learning outcomes of the experimental class and the control class. The results of the analysis on the three learning competencies of students using the independent t-test obtained the significance of each experimental group and control based on the knowledge competency assessment (0.019 <0.05), attitude competence (0.022 <0.05) and skills competency by (0 , 0311 <0.05) from these results it can be stated that Ha is accepted and H0 is rejected.
Improved experimental class learning outcomes were also seen from the N-Gain Test which was used to determine the effectiveness of using problem based learning learning models in the experimental class as a whole to get 74.25% with effective categories to improve student learning outcomes while for the control class 62, 99% with categories effective enough to improve student learning outcomes. There is a difference of 11.26% indicating that the learning model of problem-based learning has an impact on high-level thinking skills because there are transformative constructive elements of knowledge so that the learning outcomes achieved in problem-based learning are high-level learning outcomes.
The results of the analysis of improving the experimental class learning outcomes can also be seen from the teacher's ability to manage learning activities. The results of the management of learning in the experimental class obtained an average score of 3.6 with very good criteria while the results of learning management in the control class obtained an average score of 3.4 with good criteria. The results of the assessment of the activities of the experimental class students amounted to an average score of 3.6 with very good criteria while the results of the control class assessment obtained an average score of 3.4 with good criteria. Based on the results of the problem-based learning model questionnaire given by researchers at the end of classroom learning research get overall participation above 80%. This percentage shows that students agree with the statement because students can follow the problem-based learning steps. Based on the results of the analysis it can be concluded that the learning model of problem-based learning influences the learning outcomes of XI IPS 1 student at SMAN 1 Tarik.
Keywords : Problem based learning Model, Student Learning Outcomes, History Lessons