Analisis Kinerja Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro
Analysis of Village Government Performance in providing administrative services to the community in Sedahkidul Village, Purwosari District, Bojonegoro Regency
ABSTRAK
Analisis Kinerja Pemerintah Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat Di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro
Nama : Andhi Candra Kurniawan
NIM : 2104 0674 216
Progam Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dra. Meirinawati, M.AP
Pelayanan adalah suatu cara untuk membantu menyiapkan dan mengurus keperluan orang lain. kinerja pegawai pemerintahan desa Sedahkidul dalam memberikan pelayanan administrasi yang baik kepada masyarakat dapat dilihat dari Indikator Kinerjanya, apakah pelayanan sudah mencapai indikator tersebut oleh perangkat desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis kinerja pegawai kantor desa Sedahkidul dalam memberikan pelayanan Administrasi berfokus pada pelayanan Administrasi masyarakat contohnya dalam pembuatan surat pengantar KTP (Kartu Tanda Penduduk) kepada masyarakat Desa sedahkidul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara langsung dengan kepala desa, perangkat desa dan masyarakat desa. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa, pelayanan administrasi yang dilakukan oleh perangkat desa Sedahkidul masih belum optimal. Dapat terlihat bahwa kedisplinan pegawai kantor desa Sedahkidul masih belum bisa di katakan baik, perangkat desa masih kurang tanggap terhadap keluhan dari masyarakat dalam memberikan palayanan administrasi. Kurangnya pemahaman perangkat desa terhadap suatu pekerjaan tertentu. Contohnya: Dalam pembuatan surat pengantar pembuatan KTP yang ditujukan kepada kecamatan, ternyata oleh pihak kecamatan disuruh kembali ke desa karena terjadi kesalahan. Untuk mengatasi persoalan tersebut, Pemerintah Desa Sedahkidul dalam memberikan pelayanan administrasi sudah memberi pelatihan dan pembinaan guna meningkatkan kemampuan pemerintah desa, sarana dan prasarana yang di perlukan pemerintah desa harus di penuhi dalam memberikan pelayanan administrasi, kemampuan dan kepekaan lebih di tingkatkan terhadap apa yang dibutuhkan masyarakat dalam pelayanan administrasi. Hal tersebutlah yang menjadi upaya untuk dilakukan oleh Pemerintah Desa Sedahkidul guna mengatasi persoalan tersebut dan sebagai upaya untuk terus ditingkatkannya kinerja pemerintah desa dalam pelayanan administrasi di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro.
Kata Kunci: Kinerja pemerintahan desa dan pelayanan administrasi yang berorientasi pada masyarakat
ABSTRACT
Analysis of Village Government Performance in Providing Administrative Services to the Community in Sedahkidul Village, Purwosari District, Bojonegoro Regency
Name : Andhi Candra Kurniawan
Study Program : Bachelor of Public Administration Science
Faculty : Social Sciences and Law, Surabaya State University
Supervisor : Dra. Meirinawati, M.AP
Service is an effort to help prepare or take care of other people's needs. the performance of Sedahkidul village government employees in providing good administrative services to the community and can be seen from the Performance Indicators, whether the service has achieved these indicators by the village office officials in providing administrative services to the community. The aim of this research is to describe and analyze the performance of Sedahkidul village office employees in providing administrative services focusing on community administration services, namely making KTP (Resident Identification Card) cover letters to the Sedahkidul Village community. This research uses a descriptive qualitative approach by conducting direct interviews with village heads, village officials and village communities. Based on the results of this research, it can be concluded that the population administration services provided by Sedahkidul village office employees are still not optimal. It is also known that the discipline of Sedahkidul village office employees cannot be said to be good, village officials are still less responsive to community complaints in providing services. Lack of understanding of village officials regarding a particular job. For example: When preparing a letter of introduction for making an ID card addressed to the sub-district, it turned out that the sub-district was told to return to the village because an error had occurred. To overcome these obstacles, the Sedahkidul Village Government in administrative services carries out training and coaching to improve the village government's capabilities, complete the facilities and infrastructure needed by the village government in providing administrative services, increase the ability or sensitivity to what the community needs in administrative services. This is an effort made by the Sedahkidul Village Government to overcome these obstacles and as an effort to continue to improve the performance of the village government in administrative services in Sedahkidul Village, Purwosari District, Bojonegoro Regency.
Keywords: Village government performance and community-oriented administrative services