STRATEGI PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DI PENDIDIKAN FORMAL PADA MASA PANDEMI COVID-19
Pademi covid-19 berpengaruh pada seluruh sektor kehidupan manusia termasuk pendidikan. Pembelajaran daring menjadi metode pembelajaran yang wajib diimplementasikan hampir diseluruh pendidikan formal di Indonesia, termasuk pendidikan formal. Strategi pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mensukseskan pembelajaran daring tersebut. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran daring yang efektif di pendidikan formal pada masa pandemi covid-19. Artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur sebagai sumber informasi berupa data-data sekunder melalui tahap identifikasi, evaluasi, sintesis dengan sumber rujukan 10 artikel jurnal nasional dan 10 artikel jurnal internasional dan didukung dengan sumber buku sebagai penguat argumen peneliti. Dari hasil telaah studi literatur ditemukan bahwa 1) Terdapat urgensi strategi pembelajaran daring yang efektif, hal tersebut dikarenakan pandemi covid-19 berdampak pada terlaksananya pembelajaran online namun dibarengi dengan banyaknya pihak yang tidak siap dalam menjalankannya dan kesulitan untuk mencapai tujuan beljar mengajar; 2) strategi pembelajaran daring yang efektif bisa diartikan sebagai segala hal yang diperisiapkan baik berupa urutan atau pola perilaku guru untuk dapat mengakomodasi semua variabel pembelajaran daring secara sadar dan sistematis; 3) Terdapat 4 strategi pembelajaran daring yang efektif yakni : Melakukan analisa, menentukan media pembelajaran, memaksimalkan peran teknologi dan diakhiri dengan evaluasi.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Efektif, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
The COVID-19 pandemic has affected all sectors of human life, including education. Online learning is a learning method that must be implemented in almost all formal schools in Indonesia, including primary schools. Effective learning strategies are needed to make online learning successful. The purpose of this article is to describe effective online learning strategies in primary education during the COVID-19 pandemic. This scientific article uses the literature study method as a source of information in the form of secondary data through the stages of identification, evaluation, synthesis with reference sources of 10 national journal articles and 10 international journal articles and supported by book sources to strengthen the researcher's argument. From the results of the literature study, it was found that 1) There is an urgency for an effective online learning strategy, this is because the covid-19 pandemic has an impact on the implementation of online learning but is accompanied by many parties who are not ready to implement it and find it difficult to achieve teaching and learning objectives; 2) an effective online learning strategy can be interpreted as everything that is prepared in the form of a sequence or pattern of teacher behavior to be able to accommodate all online learning variables consciously and systematically; 3) There are 4 effective online learning strategies, namely: Conducting analysis, determining learning media, maximizing the role of technology and ending with evaluation.
Key Words: Effective Learning Strategies, Online Learning, Covid-19 Pandemic.