Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin
Analysis of Student Mathematical Representation Abilities in Solving Numeracy Literacy Question in Terms of Gender Differences
Ma’rifah, Ummi. 2024. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd. dan (II) Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Kata-kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Literasi Numerasi, Jenis Kelamin
Kemampuan representasi matematika adalah kemampuan seseorang dalam menangkap ide matematika melalui beberapa bentuk dalam berbagai cara yang disajikan dalam bentuk yang lain seperti gambar, tabel, grafik, maupun simbol sebagai pengganti dalam menentukan penyelesaian dari suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematika peserta didik laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi peserta didik laki-lak dan perempuan memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematika. Selain itu antara peserta didik laki- laki dan perempuan memiliki cara atau solusi yang berbeda dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Kesimpulan dari penelitian ini Peserta didik laki-laki dan perempuan pada pada kemampuan representasi gambar, mampu menyajikan permasalahan yang diberikan ke dalam berbagai bentuk baik berupa gambar, diagram, tabel, atau grafik, guna menyelesaikan permasalahan yang ada. Peserta didik laki-laki dan perempuan pada kemampuan representasi simbolik, mampu menuliskan informasi dari suatu masalah kedalam simbol, persamaan, ekspresi, model matematika dengan benar guna menyelesaikan permasalahan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada strategi penyelesaian masalah, peserta didik perempuan cenderung menggunakan cara yang utuh dan detail dengan menggunakan ungkapan kata-kata dalam menyelesaikan soal serta sangat memperhatikan hal-hal kecil di setiap penulisan jawaban
Ma’rifah, Ummi. 2024. Analysis of Student Mathematical Representation Abilities in Solving Numeracy Literacy Question in Terms of Gender Differences. Thesis, Magister Program on Mathematics Education, The Postgraduate Program at the State University of Surabaya. Advisors: (I) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd. dan (II) Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Keywords: Mathematical Representation Ability, Numeracy Literacy, Gender.
Mathematical representation ability is a person's ability to capture mathematical ideas through several forms in various ways which are presented in other forms such as pictures, tables, graphs, or symbols as a substitute for determining the solution to a problem. This research aims to describe the mathematical representation abilities of male and female students in solving numeracy literacy problems. The approach used in this research is qualitative with descriptive research type. The research results show that the representation abilities of male and female students meet all indicators of mathematical representation abilities. Apart from that, male and female students have different ways or solutions in solving numeracy literacy problems. The conclusion of this research is that male and female students, with their image representation skills, are able to present the problems given in various forms, whether in the form of pictures, diagrams, tables or graphs, in order to solve existing problems. Male and female students with symbolic representation skills are able to write information from problem into symbols, equations, expressions, mathematical models correctly in order to solve the problem. The novelty of this research lies in problem solving strategies, female students tend to use complete and detailed methods by using verba expressions in solving questions and paying great attention to small things in each answer writing.