Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran problem based
learning terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning kompetensi dasar memahami norma, standar,
prosedur, dan kaidah kearsipan di kelas X OTKP SMKN 1 Bangkalan tahun ajaran
2018/2019 . Jenis
penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi (quasi
experimental design) dengan bentuk nonequivalent control group design.
Penelitian ini dilakukan pada seluruh siswa kelas X OTKP 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah pre-test dan post-test . Teknik analisis data
menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis (uji-t), dan uji
gain score. Berdasarkan hasil analisis uji-t nilai post-test , diperoleh nilai thitung sebesar 3,579 dengan
taraf signifikansi sebesar ,001 (0,001). Sedangkan ttabel diketahui
sebesar 2,009 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa
t-test < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 dan thitung (3,579) > ttabel
(2,009). Sementara berdasarkan hasil analisis uji-t selisih (gain score ) pre-test dan post-test diperoleh
nilai thitung sebesar 6,405 dengan taraf signifikasi ,000 (0,000).
Sedangkan nilai ttabel sebesar 2,009 dengan taraf signifikansi
sebesar 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,001 <
0,05 dan thitung (6,405) > ttabel (2,009). Berdasarkan
hasil analisis uji-t di atas, maka Ha diterima dan tolak H0 .
Sehingga terdapat pengaruh hasil belajar siswa setelah menerapkan model problem based learning , dimana hasil
belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi
daripada hasil belajar kelas kontrol.
Kata
Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning ,
Eksperimen, Hasil Belajar