ABSTRAK
PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK
(Studi pada Wanita Bekerja di Wilayah Surabaya)
Nama : Putri Indar Rahmani
NIM : 14080574191
Program Studi : S1 Manajemen - Pemasaran
Jurusan : Manajemen
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Sanaji, S.E., M.Si
Tren penggunaan kosmetik yang semakin berkembang, serta tuntutan seseorang untuk berpenampilan menarik di depan masyarakat umum ini menjadi salah satu alasan industri kosmetik berkembang pesat dengan baik di Indonesia. Pesatnya perkembangan industri kosmetika di abad ini mempengaruhi cara pandang wanita tentang makna kecantikan yang sebenarnya, salah satunya pada wanita bekerja yang selalu dituntut tampil cantik dan menarik ketika bekerja. Menurut penelitian dan hasil survey dari penelitian sebelumnya, wanita bekerja cenderung berperilaku konsumtif dalam pembelian kosmetik dan selalu mempertimbangkan darimana negara asal kosmetik yang digunakan atau lebih mengedepankan Made In..... Karena apabila semakin baik citra negara asal kosmetik, maka semakin tinggi pembelian pada kosmetik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh perilaku konsumtif dan country of origin terhadap keputusan pembelian kosmetik.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode judgmental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 220 responden. Responden dalam penelitian ini adalah wanita bekerja berusia 25-35 tahun yang pernah membeli dan menggunakan kosmetik merek maybelline, revlon, dan NYX. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan skala pengukuran menggunakan skala likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif dan country of origin berpengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Country of Origin, dan Keputusan Pembelian
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF CONSUMPTIVE BEHAVIOUR AND COUNTRY OF ORIGIN ON COSMETIC PURCHASE DECISIONS (Study of Women Working in Surabaya)
Name : Putri Indar Rahmani
Reg. Number : 14080574191
Study Program : S1 Management – Marketing
Major : Management
Faculty : Economy
Institute : State University of Surabaya
Adviser : Sanaji, S.E., M.Si
The growing trend of cosmetic use, as well as the demands of someone to look attractive in front of the general public, is one of the reasons the cosmetics industry is growing rapidly in Indonesia. The rapid development of the cosmetics industry in the century has influenced women's perspectives on the true meaning of beauty, one of which is for working women who are always required to look beautiful and attractive when working. According to research and survey results from previous studies, working women tend to behave consumptively in buying cosmetics and always consider where the country of origin of cosmetics used or prioritizes Made In .... Because if the better image of the country of origin of cosmetics, the higher the purchase of the cosmetics. The purpose of this study is to analyze and discuss the influence of consumptive and country of origin behavior on cosmetic purchasing decisions.
The sampling technique used is non probability sampling with judgmental sampling method. The sample used was 220 respondents. Respondents in this study were working women aged 25-35 years who had bought and used maybelline, revlon and NYX brand cosmetics. The data analysis technique uses multiple linear regression with a measurement scale using a Likert scale.
The results of this study indicate that consumptive and country of origin behavior has a significant effect on cosmetic purchasing decisions.
Keywords: Consumptive Behaviour, Country of Origin, and Purchasing Decision