ABSTRAK
Suci, Sayyidah Hanim Ahida.
2021. Pengaruh Pembelajaran
Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Materi
Karakteristik Geografis Indonesia Di SD Muhammadiyah 2 Tulangan-Sidoarjo. Tesis, Program studi pendidikan sekolah
dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd. dan (II) Dr.
M. Jacky, M.Si .
Kata -kata kunci : Pembelajaran
Kontekstual, motivasi belajar, berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar dan
berpikir kr itis. Penelitian dilakukan
di SD Muhammadiyah 2 Tulangan-Sidoarjo pada siswa kelas V materi karakteristik
geografis Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
eksperimen semu (eksperimen quasi) dengan desain control group pre-test
dan post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik random sampling.
Dua kelas yang dipilih adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB
sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dilakukan dengan pembelajaran
kontekstual dengan belajar kelompok dan kelas kontrol dengan belajar individu.
Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket motivasi, dan tes
tulis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Data dianalisis dengan
menggunakan uji-T dan hasil penelitian yang didapat diketahui bahwa terdapat
nilai yang signifikan dari kelas eksperimen, jika penerapan pembelajaran
kontekstual dapat mempengaruhi motivasi belajar dengan rerata 36,27 (kelas
eksperimen), 36,23 (kelas kontrol) dan berpikir kritis dengan rerata 97,23
(kelas eksperimen), 94,83 (kelas kontrol). Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis pada kelompok kontrol diketahui bahwa output yang diperoleh nilai
signifikasi sebesar 0,000. Jadi nilai signifikasi 0,00<0,05, sehingga Ha
diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan
pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis siswa.