Ramadhani, D.A.P.A. 2024. Konflik Batin dalam Trilogi Novel Dear Nathan Karya
Erisca Febriani dan Relevansinya dengan Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan
Karakter Bagi Peserta Didik. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia,
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:
(I) Dr. Heny Subandiyah, M.Hum., dan (II) Dr. Resdianto Permata Raharjo, M.Pd
Kata Kunci : Konflik Batin, Relevansi, Nilai-Nilai, Pendidikan, Karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) bentuk konflik batin
dalam Trilogi novel Dear Nathan karya Erisca Febriani, 2) penyebab konflik
batin pada Trilogi novel Dear Nathan karya Erisca Febriani, 3) penyelesaian
konflik batin pada Trilogi novel Dear Nathan karya Erisca Febriani, 4) relevansi
penanaman nilai-nilai Pendidikan karakter bagi peserta didik dalam Trilogi Novel
Dear Nathan karya Erisca Febriani. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teori konflik batin Kurt Lewin serta Johnson dan Johnson. Metode
penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian ini yaitu novel Dear Nathan, Hello Salma dan Thank You Salma karya
Erisca Febriani. Novel tersebut di terbitkan pada tahun 2016, 2018 dan 2019 oleh
Best Media, Coconut Book, dan Sunset Road di Jakarta. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan yaitu deskriptif analisis dan analisis isi (content analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beragam bentuk
konflik batin yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam trilogi novel Dear Nathan,
yaitu mendekat-mendekat, menjauh-menjauh, dan mendekat-menjauh. Dalam
novel Dear Nathan, bentuk konflik menjauh-menjauh muncul sangat dominan
menjadi pemicu adanya konflik batin tokoh. Terdapat beberapa penyebab,
adanya kekuatan pendorong, non-manusia, bahkan juga pengaruh dari luar diri
tokoh. Pada perkembangan cerita, tokoh tidak berdiam diri dan melakukan
penyelesaian seperti gaya ikan hiu (melawan dan menghadapi masalah), gaya
kancil yang bijaksana dalam mengambil keputusan, serta gaya kura-kura yang
cenderung menghindar. Berdasarkan hasil data-data tersebut, ditemukan bahwa
x
konflik batin yang muncul dalam trilogi novel dear Nathan memiliki nilai-nilai
penting untuk ditanamkan kepada peserta didik, seperti nilai religius, kreatif,
mandiri, tanggung jawab, jujur, disiplin, kerja keras, demokrasi, rasa ingin tahu,
bersahabat/komunikatif, bahkan memiliki karakter nilai gemar membaca.