Proses Generalisasi Siswa SMA ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis
High School Students'Generalization Process viewed from Logical-Mathematical Intelligence
Generalisasi merupakan elemen yang penting dalam memahami, mengenal dan memeriksa situasi matematika. Proses generalisasi siswa dapat dianalisis berdasarkan empat tahapan dari proses generalisasi menurut Mason, antara lain: yaitu perception, expression, symbolic expression, dan manipulation of generality. Salah satu hal yang mungkin menyebabkan perbedaan dalam proses generalisasi siswa adalah kecerdasan logis-matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses generalisasi siswa SMA ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 3 orang siswa SMA di Surabaya dengan tingkat kecerdasan logis-matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh dari Angket Kecerdasan Logis-Matematis dan Tugas Generalisasi. Materi yang digunakan pada Tugas Generalisasi adalah bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkan hasil analisis, siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah telah mencapai tahap menemukan pola atau keteraturan pada informasi yang diberikan namun siswa tidak menggunakan pola tersebut untuk menentukan suku berikutnya, dengan kata lain siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah hanya mencapai tahap perception of generality. Siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang telah mencapai tahap menemukan pola atau keteraturan dan menggunakan pola tersebut untuk menentukan suku berikutnya tetapi siswa tidak mencapai tahap memformulasikan persamaan umum dari pola yang telah ditemukan, dengan kata lain siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang hanya mencapai tahap perception dan expression of generality. Siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi telah mencapai tahap menemukan pola atau keteraturan dan menggunakan pola tersebut untuk menentukan suku berikutnya. Selain itu siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi juga mencapai tahap memformulasikan persamaan umum dari pola yang siswa temukan dan menggunakan persamaan umum tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan, dengan kata lain siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi mencapai seluruh tahap, yaitu perception, expression, symbolic expression, dan manipulation of generality.
Kata kunci: proses generalisasi, kecerdasan logis-matematis, siswa SMA
Generalization is an important element in understanding, recognizing and examining mathematical situations. Students' generalization processes can be analyzed according to Mason’s four stages of the generalization process, including the perception, expression, symbolic expression, and manipulation of generality. One of the things that may cause differences in students' generalization processes is logical-mathematical intelligence. This research aims to describe high school students’ generalization processes in terms of logical-mathematical intelligence. This research is using a descriptive qualitative method. The subjects of this study consisted of 3 high school students in Surabaya with high, moderate, and low logical-mathematical intelligence. The data is obtained from the Logical-Mathematical Intelligence Questionnaire and Generalization Task. The material used in the Generalization Task is curved-face solid. The results of this study indicate that the student with low logical-mathematical intelligence has reach the stage of identifiying patterns or regularity in the given information, but the student doesn’t use those patterns to determine the next term. In other word the student with low logical-mathematical intelligence has only reach the stage of perception of generality. The student with moderate logical-mathematical intelligence has reach the stage of identifiying patterns or regularity in the given information and use those patterns to determine the next term but the student doesn’t reach the stage of formulate the general formula of the pattern that has been found. In other word the student with moderate logical-mathematical intelligence has only reach the stage of perception and expression of generality. The student with high logical-mathematical intelligence has reach the stage of identifiying patterns or regularity and used those patterns to determine the next term. In addition, the student with high logical-mathematical intelligence also reaches the stage of formulating general formulas of patterns that has been found and use the general formula to solve the given problem In other word the student with high logical-mathematical intelligence has reach all the stages, that is perception, expression, symbolic expression, and manipulation of generality.
Keywords: generalization process, logical-mathematical intelligence, high school students