Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran online dengan pendekatan kontekstual yang layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep abstrak mata pelajaran kimia bagi siswa SMA kelas XI.
Prosedur pengembangan dalam penelitian ini merujuk pada model pengembangan Dick & Carey (2015). Kelayakan model diketahui pada tahapan validasi ahli. Sedangkan keefektifan model diketahui pada tahapan ujicoba lapangan dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest.
Model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak, ditinjau dari hasil penilaian validator sebesar 3,718 yang berada pada rentang 3,4 < 𝑥̅≤ 4,2. Perangkat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dinyatakan layak, ditinjau dari hasil penilaian validator sebesar 3,738 yang berada pada rentang 3,4 < 𝑥̅≤ 4,2. Perangkat Soal tes dinyatakan layak, ditinjau dari hasil penilaian validator sebesar 3,8 yang berada pada rentang 3,4 < 𝑥̅≤ 4,2. Perangkat Website dinyatakan sangat layak, ditinjau dari hasil penilaian validator sebesar 4,529 yang berada pada rentang 𝑥̅> 4,2. Keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif berdasarkan 3 aspek. Pertama, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 75; jumlah siswa yang dinyatakan tuntas adalah sebesar 76,67% yang termasuk dalam kategori tinggi. Kedua, perolehan nilai N-gain sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi. Ketiga, hasil uji t berpasangan menggunakan software SPSS 23, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana kurang dari 0,05 sehingga dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran.