Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kelayakan dari LKPD berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan yaitu model 4-D meliputi Define, Design, Develop, dan Dissiminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop dengan dilakukan uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, lembar tes hasil belajar ranah pengetahuan dan lembar soal prestest-posttest keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kelayakan LKPD ditinjau dari kriteria isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan mendapatkan presentase sebesar 85%, 89%, 91% dan 91% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan presentase tersebut, maka LKPD yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kelayakan LKPD tersebut juga didukung dengan respon yang sangat positif dari peserta didik dengan presentase sebesar 88,5%. Terdapat peningkatan pada tes keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan n-gain score sebesar 0,707 yang termasuk kategori tinggi. Presentase hasil setiap komponen berpikir tingkat tinggi meliputi menganalisis (C4) sebesar 84,3%, mengevaluasi (C5) sebesar 83% dan mencipta (C6) sebesar 87,5% dengan kategori tinggi dan dinyatakan efektif.
Kata kunci: LKPD, Inkuiri, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Kesetimbangan Kimia.
The purpose of this study is to describe the feasibility of inquiry student worksheet to practice high order thinking skills on chemical equilibrium material. The research method used is the 4-D model including Define, Design, Develop and Dissiminate. This research was limited to the develop stage with limited trial stage. The research instrument used was a review sheet, a validation sheet, a student response questionnaire, a test sheet for learning outcomes in the domain of knowledge and a prestest-posttest question sheet for high order thinking skills. The results obtained showed that the feasibility of student worksheet in terms of content, language, presentation, and graphic criteria got percentage of 85%, 89%, 91% and 91% with very valid categories. Based on this percentage, the developed students worksheet is suitable for use in the learning process. The feasibility of the students worksheet was also supported by a very positive response from students with a percentage of 88.5%. There was an increase in the high order thinking skills test of students with an n-gain score of 0.707 which is in the high category. The percentage of results of each component of high order thinking skills includes analyzing (C4) of 84.3%, evaluating (C5) of 83% and creating (C6) of 87.5% in the high category and declared effective.
Keywords: Student Worksheet, Inquiry, High Order Thinking Skills, Chemical Equilibrium Material.