Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis collaborative learning guna melatihkan keterampilan proses sains pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah layak digunakan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas LKPD yang telah dikembangkan memiliki kategori valid dengan rata-rata persentase sebesar 79,2%. LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis pada keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik sangat baik. LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dan dapat melatihkan keterampilan proses sains yang dibuktikan dari nilai rata-rata n-gain sebesar 0,7 yang berada pada kategori tinggi, serta dari respon peserta didik dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik.
This research purpose is to describe the feasibility of student worksheet based on collaborative learning to train students the skill of science process on straight motion topic. This research is a development research using ADDIE development model. The result shows that the improved student worksheet is feasible based on its validity, practicality and effectivity. The validity of improved student worksheet is on valid category with an average percentage of 79,2%. The improved student worksheet has greatly fulfilled the practicality criteria based on its learning application and students’ activeness. The improved student worksheet has greatly fulfilled the effectivity criteria and can to train student the skill of science process, this is evidence from the average value of n-gain of 0.7 which is the highest category, and student response with the criteria mode excellent executed. In conclusion, the improved student worksheet is feasible for us to exercise students the skill of science process.