Profil Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi Kurikulum 2013 dan Penyelesaiannya pada Materi Evolusi
Profile of Misconception and Solution on Evolution Topic in Biology Textbook for Senior High School Curriculum 2013
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep apa saja pada materi evolusi yang mengalami miskonsepsi, mendeskripsikan persentase kategori miskonsepsi dan memaparkan konsep yang benar konsep-konsep yang mengalami miskonsepsi. Analisis dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penjaring miskonsepsi yang sudah divalidasi dosen ahli. Penelitian yang diterapkan adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode studi dokumen. Kategori miskonsepsi dibagi menjadi lima macam yaitu: misidentifications, overgeneralizations, oversimplifications, obsolete concepts and terms, dan udergeneralizations. Obyek penelitian ini yaitu tiga buku biologi SMA kurikulum 2013. Hasil menunjukkan bahwa sub konsep yang mengalami miskonsepsi dengan persentase paling tinggi yaitu konsep adaptasi dan seleksi alam sebesar 29%, sedangkan konsep yang mengalami miskonsepsi dengan persentase paling rendah adalah konsep teori evolusi Lamarck sebesar 4%. Buku teks A, B, dan C yang dikaji mengalami miskonsepsi dengan persentase 20%, 33,3%, dan 30%. Kategori miskonsepsi yang ditemukan pada ketiga buku teks yaitu oversimplifications dan obsolete concepts and terms dengan persentase 82,5% dan 12,6%, sedangkan kategori misidentifications hanya ditemukan di buku teks A sebesar 4,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku teks pelajaran biologi khususnya pada materi evolusi yang digunakan di sekolah-sekolah memiliki miskonsepsi dalam penjelasannya.
Kata Kunci: Buku teks biologi, miskonsepsi, evolusi
This study aims to identify concepts in evolution topic that have misconception, describe the percentage of misconception categories, and describe the correct concepts for concepts that have misconception. Analysis is carried out using an misconception netting instrument that had been validated by material expert lecturers. Research applied is a qualitative descriptive study with the document study method. The categories of misconception in this study are divided into five types, namely: misidentification, overgeneralization, oversimplification, obsolete concepts and terms, and udergeneralization. The objects of this research are three high school biology books with 2013 curriculum. The results showed that the sub-concepts that experienced misconceptions with the highest percentage were the concepts of adaptation and natural selection by 29%, while the concepts that experienced misconceptions with the lowest percentages were the concepts of Lamarck's theory of evolution at 4%. Textbooks A, B, and C that were studied experienced misconceptions with a percentages of 20%, 33.3%, and 30%. Misconceptions categories that found in all textbooks are oversimplifications and obsolete concepts and terms with percentages of 82.5% and 12.6%, while the category of misidentifications are only found in textbooks A by 4.2%. This shows that biology textbooks, especially on the topic of evolution used in schools have misconceptions in their explanations.
Keywords: Biology textbook, misconception, evolution