Influence of Food Safety, Price Taste on Purchase Decisions on Consumers of Organic Lemonilo Instant Noodles
Keamanan makanan, harga dan rasa merupakan faktor utama yang dipertimbangkan oleh konsumen ketika melakukan keputusan pembelian salah satunya kebutuhan pangan disaat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keamanan makanan, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian pada konsumen mie Lemonilo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 439.000 pada followers instagram Lemonilo. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan pengambilan sampel melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Sampel akan disebarkan kepada 100 orang responden sesuai kriteria penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel keamanan makanan (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) mie Lemonilo dengan nilai koefisien 0,293. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) mie Lemonilo dengan nilai koefisien 0,458. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel rasa (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) mie Lemonilo dengan nilai koefisien 0,838. Sedangkan secara simultan bahwa keamanan makanan, harga dan rasa berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,652.
Kata Kunci : Keamanan makanan, Harga, Rasa, Keputusan pembelian
Food safety, price and taste are the main factors considered by consumers when making purchasing decisions, one of which is food needs during the Covid-19 pandemic. This study aims to determine the effect of food safety, price and taste on purchashing decisions of Lemonilo organic instant noodle consumers. The research method uses a quantitative approach with a population of 439.000 Lemonilo’s instagram followers. The sampling technique used purposive sampling method with sampling through questionnaires distributed online. The sampling will be distributed to 100 respondents according to the research criteria. The data analysis technique used multiple regression. The results of the study explain that there is a positive and significant effect of food safety variable (X1) on purchasing decisions(Y) Lemonilo noodles with a coefficient value of 0,293. There is a positive and significant effect of the price variable (X2) on purchasing decisions(Y) Lemonilo noodles with a cefficient value of 0,458. There is a positive and significant effect of the taste variable (X3) on purchasing decisions(Y) Lemonilo noodles with a cofficient value of 0,838. Meanwhile, simultaneously that food safety, price and taste have a positive effect on purchasing decisions with a coefficient of 0,652.
Keywords: Food safety, Price, Taste, Purchace decision