ABSTRAK
Penerapan Media Pembelajaran Mach 3 Turn Pada Pemrograman Mesin CNC Berdasarkan Desain CAD di SMK Negeri 12 Surabaya
Nama : Fandy Ahmad Saputra
NIM : 12050524050
Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Mesin
Jurusan : Teknik Mesin
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T.
Proses pembelajaran pada dasarnya membutuhkan suatu media sebagai sarana pendukung supaya materi pembelajaran yang diberikan mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Namun keterbatasan beberapa instansi pendidikan dalam ketersediaan sarana sebagai media pembelajaran masih menjadi kendala, khususnya pada pembelajaran mesin CNC. Solusi bagi permasalahan tersebut adalah penggunaan teknologi komputer dengan memanfaatkan perangkat lunak menggunakan Mach 3 Turn yang cocok dengan kebutuhan mesin CNC PU sekaligus menjadi media pembelajaran mesin CNC yang relevan dengan dunia industri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Mach 3 Turn dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran pemrograman mesin CNC pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan 2 jurusan teknik pemesinan di SMK Negeri 12 Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas dengan menggunakan One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode kuesioner dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis validasi perangkat pembelajaran, analisis validasi butir soal, analisis uji homogenitas, analisis uji normalitas, analisis uji hipotesis dan analisis angket respon siswa.
Pada penelitian ini diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 64,72 dan rata-rata nilai posttest tertulis sebesar 78,38 serta rata-rata nilai posttest penerapan Mach 3 Turn sebesar 76,90. Analisis data hasil uji t berpasangan yaitu nilai t hitung sebesar -7,376 dan t tabel sebesar -2,048. Karena nilai t hitung -7,376 < -2,048, maka hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menerapkan media Mach 3 Turn pada mata pelajaran pemrograman mesin CNC. Analisis respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran Mach 3 Turn sebesar 85,23%. Hasil ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran Mach 3 Turn termasuk dalam kategori sangat positif.
Kata kunci : Mach 3 Turn, pemrograman mesin CNC, hasil belajar dan respon siswa.
ABSTRACT
the application of Mach 3 Turn learning media on CNC machine programming based on CAD design at STATE SMK 12 Surabaya
Name : Fandy Ahmad Saputra
Study Program : S1 Mechanical Engineering Education
Department : Mechanical Engineering
Faculty : Technique
Institution Name : State University of Surabaya
Supervisor : Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T.
The learning process basically requires a media as a supporting tool so that the learning material provided is able to increase student interest and learning outcomes. However, the limitations of some educational institutions in the availability of facilities as learning media are still an obstacle, especially in CNC machine learning. The solution to this problem is the use of computer technology by utilizing software using Mach 3 Turn that is suitable for the needs of CNC PU machines as well as being a CNC machine learning media that is relevant to the industrial world.
This study aims to determine students' responses to Mach 3 Turn learning media and student learning outcomes in CNC machine programming learning activities in class XI Mechanical Engineering 2 in mechanical engineering majors at State SMK 12 Surabaya. This research was conducted in one class using One Group Pre-test Post-test Design. Data collection techniques in this study using the questionnaire method and test method. The data analysis technique used was the validation test of the learning device analysis, the validation analysis of the items, the analysis of the homogeneity test, the analysis of the normality test, the analysis of hypothesis testing and the analysis of student response questionnaires.
In this study the average pretest value was 64.72 and the average posttest value was 78.38 and the average posttest value of the Mach 3 Turn was 76.90. Analysis of data from paired t-test results was the value of t-count of -7,376 and t-table of -2,048. Because the value of t count was -7.376 < -2.048, this result showed that there are significant differences in student learning outcomes between before and after applying the Mach 3 Turn media on CNC machine programming subjects. Analysis of student responses to the application of Mach 3 Turn learning media by 85.23%. These results indicated that students' responses to the application of Mach 3 Turn learning media are included in the very positive category.
Keywords : Mach 3 Turn, CNC machine programming, learning outcomes and student responses.