KESADARAN METAKOGNITIF MAHASISWA EFL TERHADAP STRATEGI MEMBACA DAN HUBUNGANNYA DENGAN MEMBACA PEMAHAMAN
EFL UNIVERSITY STUDENTS' METACOGNITIVE AWARENESS OF READING STRATEGY AND ITS CORRELATION WITH READING COMPREHENSION
Kesadaran metakognitif strategi membaca memiliki dampak yang luar biasa pada proses pendidikan, terutama dalam memperoleh bahasa kedua. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan apa yang mereka sarankan mengenai bagaimana siswa mengatur interaksi mereka dengan konteks, tetapi juga dengan bagaimana mereka dapat menggunakan strategi yang masih relevan dengan efektivitas pemahaman bacaan. Namun, pembelajar EFL masih kurang menggunakan kesadaran metakognitif strategi membaca secara signifikan karena ketidaktahuan dan pemahaman yang tidak memadai tentang strategi membaca apa yang digunakan, bagaimana dan kapan menggunakannya dengan tepat. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk menemukan hubungan antara kesadaran metakognitif pelajar EFL tentang strategi membaca dan pemahaman bacaan. Sebuah studi kuantitatif, dengan 60 siswa EFL sebagai peserta, dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan skor pemahaman membaca untuk mengetahui tingkat Kesadaran Metakognitif Siswa EFL Strategi Membaca. Itu adalah Metacognitive Awareness of Reading Strategy Inventory - direvisi (MARSI-R) dan Test English Proficiency (TEP) untuk mengetahui tingkat kesadaran metakognitif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 49 peserta atau 82% memperoleh nilai rata-rata antara 3,5 – >3,5 dikategorikan sebagai tingkat kelompok tinggi, dan 11 peserta atau 18% memperoleh nilai rata-rata antara 2,5 – 3,4, dikategorikan sebagai tingkat kelompok sedang. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa strategi yang paling banyak digunakan oleh pembelajar EFL ditemukan menggunakan PRS (Strategi pemecahan masalah) M = 3,99; GRS (Strategi membaca global) M = 3,98; dan, SRS (Mendukung strategi membaca) M = 3,65. Untuk korelasi, hasil Koefisien Spearman Rho menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kesadaran metakognitif peserta didik EFL tentang strategi membaca dan pemahaman bacaan (nilai = 0,986).
Metacognitive awareness of reading strategy has a tremendous impact on the educational process, especially in acquiring a second language. It is concerned with not only what they suggest about how students organize their interactions with the context, but also with how they might employ the strategies that are still relevant to reading comprehension effectiveness. However, the EFL learners are still having a lack using metacognitive awareness of reading strategies significantly because of unknowing and inadequate understanding of what reading strategies to use, how and when to use them appropriately. Hence, the present study is attempted to locate the relationship between EFL learners’ metacognitive awareness of reading strategy and reading comprehension. A quantitative study, with 60 EFL students as participants, was conducted by using a questionnaire, and reading comprehension score to discover the level of EFL students’ Metacognitive Awareness of Reading Strategy. Those are the Metacognitive Awareness of Reading Strategy Inventory - revised (MARSI-R) and the Test English Proficiency (TEP) to discover the level of students’ metacognitive awareness. The result of this study showed that 49 participants or 82% obtained a mean score between 3.5 – >3.5, categorized as high group levels, and 11 participants or 18% obtained a mean score between 2.5 – 3.4, categorized as moderate group levels. This research also revealed that the most strategies used by EFL learners found using PRS (Problem-solving strategies) M = 3.99; GRS (Global reading strategies) M = 3.98; and, SRS (Support reading strategies) M = 3.65. For the correlation, the result of the Spearman Rho Coefficient showed that there is no link between EFL learners’ metacognitive awareness of reading strategy and reading comprehension (ρ value = .986).