ABSTRAK
Yusnina, Linda
Pebtin .
2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Media Komik
terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran
IPS Siswa Kelas 5 SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd., dan (II) Dr. Suhanadji, M.Si.
Kata-kata Kunci : Kooperatif,
Snowball Throwing, Media Komik, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan
Sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan media komik terhadap keterampilan berpikir
kritis dan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS siswa kelas 5 SD materi
peristiwa kebangsaan seputar Proklamasi Kemerdekaan RI. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Dukuh Pakis I/ 486
Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian
kuasi eksperimen dengan nonequivalent
(pretest and posttest) control group design . Penelitian ini menggunakan dua
kelas yaitu siswa kelas 5A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas 5B sebagai
kelas eksperimen. Variabel penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing , keterampilan berpikir kritis , dan keterampilan
sosial
siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan
sosial dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji independent
sample t-test .
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai normalized
gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen adalah 0,52 dan
kelas kontrol adalah 0,26. Nilai normalized
gain keterampilan sosial siswa kelas eksperimen adalah 0,55 dan kelas
kontrol adalah 0,27. Hasil uji independent
samples t-test keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa thitung (2,461) > ttabel (1,674) dengan df=54
dan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji independent
samples t-test keterampilan sosial siswa menunjukkan bahwa thitung (4,416) > ttabel (1,674) dengan df=54
dan taraf signifikansi 0,05.
Berdasarkan
hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing dengan media komik
berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan sosial pada pembelajaran
IPS siswa kelas 5 SD.