Redesain Identitas Visual Media Informasi Digital Otojatim
Visual Identity Redesign of Otojatim Digital Information Media
Abstrak
Otojatim merupakan satu media informasi digital yang membahas seputar otomotif yang memiliki anggapan bahwa logo pada Otojatim kurang bisa pahami oleh khalayak umum. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat penjualan pada media yang berupa akses audiens dan iklan. Oleh karena itu Otojatim memutuskan untuk redesain yang utamanya ada pada logo. Perancangan redesain identitas visual Otojatim ini bertujuan untuk membangun ulang visi yang dijadikan fondasi yakni agar semua audiens dapat menerima informasi yang faktual dan up to date mengenai otomotif, tidak hanya dikhususkan untuk penggiat otomotif saja. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT dan STP untuk memilih segmentasi market dan metode Design Thinking oleh Gavin Ambrose dengan beberapa tahap meliputi Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implement, Learn. Hasil dari redesain identitas visual perusahaan ini berupa perubahan pada logo yang telah disesuaikan dengan target market. Logo diimplementasikan berupa Graphic Standart Manual (GSM) yang didalamnya diaplikasikan pada beberapa media meliputi seragam, mobil, business card, ID card, signboard, dan feed Instagram.
Kata Kunci: Redesain, Media Informasi, Logo, Otojatim, Otomotif
Abstract
Otojatim is one of the digital information media discussing automotive who has assumption that the logo from Otojatim is a bit confusing for the audience. This can impact media-related audience access and ad sales rates. For this reason, Otojatim decided to rebrand primarily based on the logo. The purpose of this visual identity redesign is to rebuild vision that used as foundation so that all audiences, not just specific automotive enthusiasts able to receive factual and up to date information about automotive. The plan uses decriptive qualitative method with SWOT and STP analysis to select market segmentation, and uses Gavin Ambrose's Design Thinking Methodology for the logo planning and implementation steps. The redesign of this company's visual identity resulted in a logo change to suit its target market. The logo is implemented as a Graphic Standards Manual (GSM) that applies to multiple media such as uniform, car, business card, id card,signboard and instagram feed.
Keywords: Redesain, Information Media, Logo, Otojatim, Automotive