ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN GRACE AND GLOW MELALUI KANAL MEDIA SOSIAL TIKTOK
ANALYSIS OF GRACE AND GLOW MARKETING COMMUNICATION THROUGH THE TIKTOK SOCIAL MEDIA CHANNEL
Analisis Komunikasi Pemasaran Grace and Glow Melalui Kanal Media Sosial Tiktok
Pemasaran online saat ini telah menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan oleh berbagai macam brand, tak terkecuali brand kecantikan. Hal ini juga turut diadopsi oleh brand Grace and Glow. Sebagai salah satu produk kecantikan yang memulai lahir produknya di tahun pandemic 2020, grace and glow banyak menggunakan power sosial media tiktok dalam pemasaran produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh tim Grace and Glow melalui konten tiktok dan pengelolaan akun tiktok @graceandglow.id. Metode penelitian yang digunakan adalah penggunaan analisis isi deskriptif, yang mana menggunakan analisis data dan pengolahan data yang diambil dari objek penelitian yaitu akun tiktok grace and glow selama kurun waktu satu bulan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Grace and Glow menggunakan tiktok sebagai media promosi sekaligus penjualan bagi produknya, dengan banyak memproduksi konten yang mengandung tema “Seasonal/ Event Related” untuk konten yang diunggah, serta memaksimalkan penggunaan fitur Live tiktok, Tiktok Ads untuk menjadi bagian dari strategi komunikasi pemasaran digital.
Kata Kunci : Tiktok, Digital Marketing, Grace and Glow
Analysis of Grace and Glow's Marketing Communication Through the Tiktok Social Media Channel
Online marketing has now become a strategy that is widely used by various brands, including beauty brands. This was also adopted by the Grace and Glow brand. As one of the beauty products that started producing its products in the 2020 pandemic, grace and glow uses a lot of the power of sosial media tiktok in marketing its products. This study aims to find out how the digital marketing communication is carried out by the Grace and Glow team through tiktok content and managing the tiktok account @graceandglow.id. The research method used was the use of descriptive content analysis, which used data analysis and processing of data taken from the research object, namely the grace and glow tiktok account during the period of one month of research. The result of this study is that Grace and Glow uses TikTok as a promotional medium as well as sales for their products, by producing a lot of content containing the theme "Seasonal/Event Related" for posted content, and maximizing the use of the Live tiktok, Tiktok Ads features to be part of a digital marketing communications strategy.
Keywords: Tiktok, Digital Marketing, Grace and Glow