DEVELOPMENT OF THE MEDIA "RILOHARJO" LOCAL WISDOM MATERIAL FOR SOCIAL STUDIES FOR CLASS V SDN SUKO, SIDOARJO.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa media “RILOHARJO” berorientasi pada kearifan lokal sebagai media pembelajaran untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempelajari budaya lokal di Sidoarjo. Media “RILOHARJO” merupakan media kolaborasi antara bigbook dan flashcard dibuat menggunakan canva pro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D dengan model tahapan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Suko, Sukodono, Sidoarjo. Teknik pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner penggunaan media pada peserta didik dan guru, kuesioner pretest-posttest, dan dokumentasi. Produk dilakukan uji validasi oleh ahli materi, validasi perangkat dan vahli media. Uji validasi materi diperoleh persentase sebesar 84,61% dengan kriteria sangat valid, uji validasi modul ajar 88,33% dengan kriteria sangat valid, uji validasi pretest-posttest 81,66% dengan kriteria sangat valid dan uji validasi media 100% dengan kriteria sangat valid sehingga layak digunakan. Kemudian produk dilakukan uji coba kepada peserta didik kepraktisan media persentase sebesar 89,66%% dengan kriteria sangat praktis dan hasil angket guru mencapai 89% dengan kriteria sangat praktis sehingga media dikatakan sangat praktis. Berdasarkan uji coba lapangan hasil kuesioner peserta didik diperoleh persentase sebesar 93% dengan kriteria sangat baik dan peningkatan pemahaman memperoleh perhitungan skor N-gain sebesar 69,92 dengan kriteria sedang. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa media “RILOHARJO” telah sesuai dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan, RILOHARJO, kearifan lokal, IPS
This research aims to develop a product in the form of "RILOHARJO" media oriented to local wisdom as a learning medium to help teachers and students learn local culture in Sidoarjo. The media "RILOHARJO" is a collaboration media between bigbook and flashcards created using Canva Pro. This research uses a type of development research or R&D with the ADDIE stage model which consists of five stages of Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The subjects this research were class V students at SDN Suko, Sidoarjo. Data collection techniques in the field use observation techniques, interviews, media use questionnaires for students and teachers, pretest-posttest questionnaires, and documentation. The product undergoes validation tests by material experts, device validation and media experts. The material validation test obtained a percentage of 84.61% with very valid criteria, the teaching module validation test was 88.33% with very valid criteria, the pretest-posttest validation test was 81.66% with very valid criteria and the media validation test was 100% with very valid criteria. so it's worth using. Then the product was tested on students with a percentage of media practicality of 89,66% with very practical criteria and the teacher questionnaire results reached 89% with very practical criteria so that the media was said to be very practical. Based on field trials, the results of student questionnaires obtained a percentage of 93% with very good criteria and increased understanding obtained an N-gain score calculation of 69,92 with medium criteria. With this, it can be concluded that the "RILOHARJO" media is appropriate and suitable for use in the learning process. Keywords: development, RILOHARJO, local wisdom, social studies