Pelanggan saat ini dikatakan lebih sulit untuk dipuaskan, mereka lebih sadar terhadap harga dan kualitas produk yang ditawarkan. Hal tersebut akibat dari ketatnya persaingan bisnis yang rnenyediakan dan rnenawarkan pilihan produk bagi konsumen untuk mernilih produk sejenis dengan merek yang beragam.
Pemasar dan perusahaan menghadapi tantangan yang semakin rneningkat, mengharuskan rnengadopsi strategi berbeda guna rnernpertahankan pangsa pasar dan profitabilitasnya serta rnendapatkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Salah satu strategi yang dapat diaplikasikan yaitu Cause-Related Marketing yang digunakan oleh perusahaan untuk memberi perbedaan pada merek, yang dapat berdampak pada peningkatan pembelian merek, meningkatkan citra perusahaan atau merek, serta pada akhirnya menaikkan laba perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh Cause-related Marketing terhadap niat beli Surabaya Patata dengan keterlibatan konsumen sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian konklusif deskriptif dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan menggunakan metode analisis regresi moderasi serta Uji Nilai Selisih Mutlak. Menggunakan sampel 150 responden yang memberikan komentar mengenai iklan “Surabaya Patata Dukung UKM Dolly” di akun instagram Surabaya Patata yang berusia minimal 19 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cause-related Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli Surabaya Patata, sedangkan keterlibatan konsumen tidak dapat memoderasi pengaruh Cause-related Marketing terhadap niat beli Surabaya Patata.
Kata Kunci : Cause-related Marketing, keterlibatan konsumen, niat beli.
Nowadays customers are harder to be satisfied, as they are more aware on product’s price and quality. It is the result of the tight business competition which provide and offers similar product from various brands for consumers.
Marketers and companies face increasing challenge, requires them to adopt different strategies in order to maintain market share and their profitability as well as obtain sustainable competitive advantage. One of strategies that can be applied is Cause-Related Marketing, used by companies to differentiate the brand, which effect on the brand purchase increase, improving the brand or company’s image, and eventually increasing company profits.
This research aims to analyze and discussing the influence of Cause-Related Marketing toward Surabaya Patata purchase intention with consumer engagement as moderation variable. The type of the research is conclusive descriptive research, by using nonprobability sampling technique and moderation regression analysis method and also Absolute Different Value Test. The sample is 150 respondents on age 19 and above who give comments on “Surabaya Patata Supports UKM Dolly” commercial in Surabaya Patata Instagram account.
The result shows that Cause-Related Marketing have positive and significant effect toward Surabaya Patata purchase intention, while consumer engagement cannot moderate the effect of Cause-Related Marketing toward Surabaya Patata purchase intention.
Keywords: Cause-Related Marketing, consumer engagement, purchase intention