Pengaruh Penerapan Aplikasi Edmodo pada Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VI
The Effect of the Application of Edmodo Application on Online Learning on the Motivation and Learning Outcomes of Civics for Class VI Students
Berlakunya pembelajaran secara daring, mengharuskan semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran wajib memiliki kesiapan seperti internet dengan arus jaringan yang memadai. Fasilitas selama proses belajar daring juga tentunya harus dimiliki oleh peserta didik maupun guru agar proses pembelajaran secara daring dapat dilaksanakan dengan baik. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan pada pembelajaran daring adalah edmodo. Tujuan penelitian ini berupa: (1) Menganalisis adanya pengaruh dari penerapan aplikasi edmodo dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar PPKn siswa kelas VI, (2) Menganalisis adanya pengaruh dari penerapan aplikasi edmodo dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VI.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN I Ngares, yang diambil secara acak dengan perolehan tiap siswa kelompok eksperimen adalah 22, dan siswa kelompok kontrol adalah 22. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Experimental design, dengan teknik pretest-posttest control group design. Kegiatan pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian yaitu observasi, wawancara, studi literatur, angket, dan tes.
Hasil penelitian yaitu berupa: (1) Ada pengaruh penggunaan apilkasi edmodo pada pembelajaran daring terhadap motivasi belajar PPKn siswa kelas VI. Hal ini dtunjukkan dengan uji t yang dilakukan terhadap hasil post-test kelas eskperimen dan kontrol, dengan hasil Thitung 6.229 lebih besar dari Ttabel 2.010 (2) Ada pengaruh penggunaan apilkasi edmodo pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VI. Pada hasil belajar siswa, dibagi menjadi 3 ranah yaitu afektif, psikomotor dan kognitif. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan setelah perlakuan pada kedua kelas, yang ditunjukkan dengan hasil aspek kognitif Thitung 9.129, aspek afektif Thitung 6.441, dan aspek psikomotor Thitung 6.337 lebih besar dari Ttabel 2.010 (3) Ada pengaruh penggunaan apilkasi edmodo pada pembelajaran daring terhadap motivasi dan hasil belajar PPKn siswa kelas VI. Hal ini dtunjukkan dengan uji anova 2 jalur yang dilakukan terhadap hasil post-test kelas eskperimen dan kontrol, dengan hasil Fhitung 38.934 dan 49.181 > Ftabel 4.07. Pada perhitungan skor hasil belajar ranah afektif, didapatkan hasil nilai Fhitung sebesar 38.934 dan 17.350 > Ftabel 4.07, dan hasil belajar ranah psikomotor terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol yang dibuktikan melalui hasil uji Manova dengan nilai Fhitung sebesar 38.934 dan 32.754 > Ftabel 4.07
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Edmodo, Media Pembelajaran
The implementation of online learning requires all parties involved in the learning process to have readiness such as the internet with adequate network flows. Facilities during the online learning process must also be owned by students and teachers so that the online learning process can be carried out properly. One application that can be used for online learning is Edmodo. The aims of this study are: (1) to analyze the effect of the application of the Edmodo application in online learning on the Civics learning motivation of grade VI students, (2) to analyze the influence of the application of the Edmodo application in online learning on the Civics learning outcomes of grade VI students.
The sample in this study was class VI SDN I Ngares, which was taken randomly with the acquisition of each student in the experimental group was 22, and the student in the control group was 22. This study used a experimental design research, with a pretest-posttest control group design technique. Data collection activities used to support research are observation, interviews, literature study, questionnaires, and tests.
The results of the research are in the form of: (1) There is an effect of using the Edmodo application in online learning on the motivation to learn Civics in grade VI students. This is indicated by the t-test conducted on the post-test results of the experimental and control classes, with the results of Tcount 6229 being greater than Ttable 2010 (2) there is an effect of using the Edmodo application in online learning on the Civics learning outcomes of grade VI students. In student learning outcomes, it is divided into 3 domains, namely affective, psychomotor and cognitive. The results of the t-test also show that there are differences after treatment in the two classes, which is indicated by the results of the cognitive aspect Tcount 9,129, affective aspect Tcount 6.441, and psychomotor aspect Tcount 6,337 which is greater than Ttable 2,010 (3) There is an effect of using the Edmodo application on online learning on motivation and learning outcomes of Civics for grade VI students. This is indicated by the 2-way ANOVA test carried out on the results of the post-test experimental and control classes, with the results of Fcount 38.934 and 49.181 > Ftable 4.07. In the calculation of the score of affective learning outcomes, the results obtained are Fcount values of 38.934 and 17.350 > Ftable 4.07, and psychomotor learning outcomes there are differences between the experimental and control classes as evidenced by the results of MANOVA test with Fcount values of 38.934 and 32.754 > Ftable 4.07.
Keywords: Online Learning, Edmodo, Learning Media