ANALISIS LATIHAN SOAL PADA LKS BAHASA JERMAN ERKLÄRUNG KELAS X SEMESTER 2 UNTUK KETERAMPILAN MENULIS
ANALYSIS OF EXERCISE PROBLEMS IN ERKLÄRUNG GERMAN LKS CLASS X SEMESTER 2 FOR WRITING SKILLS
Di indonesia para siswa menengah ke atas (SMA/MA/SMK) mendapatkan pembelajaran bahasa asing yaitu Bahasa Jerman. Pembelajaran bahasa asing ini bertujuan agar siswa memiliki kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulis. Hal tersebut terdapat pada Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah dalam Permendikbud Republik Indonesia Nomor 21 (2016 : 202). Dalam semua pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa jerman ini tentu membutuhkan suatu bahan ajar. Maka dari itu, bahan ajar yang digunakan harus menyesuikan dengan kaidah instruksional yang mengatur tentang isi materi pembelajaran, metode, serta batasan-batasan (Widodo dan Jasmadi, 2008 : 40). Salah satu latihan soal yang digunakan adalah LKS Erklärung. LKS Erklärung ini dipilih untuk menjadi objek penelitian dikarenakan LKS ini merupakan salah satu lembar kerja yang dipergunakan di salah satu SMA di Surabaya, yakni SMA 11 Surabaya. Lembar kerja ini juga terdiri dari beberapa model soal-soal latihan untuk pembelajaran bahasa Jerman. Setiap bahan ajar harus disesuaikan dengan kurikulum 2013 yang ada. Di dalam kurikulum 2013, pembelajaran bahasa memiliki 4 keterampilan yaitu, membaca, berbicara, mendengarkan dan menulis. Penelitian kali ini berfokus pada keterampilan menulis. Keterampilan menulis yaitu kegiatan penyampaian pesan yang menggunakan Bahasa tulis sebagai alat atau media komunikasi (Suparno 2009:13).
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1. Latihan apa saja yang sesuai dengan Kurikulum 2013 untuk keterampilan menulis dalam lembar kerja Erklärung kelas 10 semester 2,
2. Tingkat kognitif soal pada setiap Latihan Soal. Batasan masalah dalam artikel ilmiah ini adalah menganalisis tema Kehidupan Sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui latihan soal mana saja yang sesuai dengan kurikulum 2013, tingkat kogninitif soal, dan indicator keterampilan menulis. Teori yang digunakan yaitu teori keterampilan menulis Bernd Kast vom Wort zum Satz zum Text. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi. Sumber data yang diperoleh yaitu dari buku Erklärung yang memuat latihan-latihan soal untuk ketarampilan menulis dalam bahasa Jerman. Instrumen penelitian yang dibuat adalah rubrik penelitian, yang bertujuan untuk mengetahui apakah materi pembelajaran dengan tema Kehidupan Sekolah yang berbentuk teks deskriptif pada buku Erklärung sesuai dengan kurikulum 2013 untuk keterampilan menulis. Setelah dipilah terdapat 13 soal yang akan dianalisis. Aspek yang diukur yaitu struktur kebahasaan sesuai dengan silabus kurikulum 2013 kelas 10 ,tingkat kognitif soal, dan indikator ketrampilan menulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 13 soal yang terdiri dari L 1, L 2,L 3, L 4, L 5, L 6, L 7, L 8, L 9, L 10, dan L 11 sesuai dengan struktur kebahasaan bahasa jerman kelas 10 dan indikator menulis. Untuk tingkat kognitif soal tidak semua tingkatan sesuai dengan soal, yang termasuk tingkat C1 yaitu L2, L5, dan L7. Untuk C2yaitu L1dan L11. Untuk C3yaitu L4, L7, L8dan L19. Untuk C5yaitu L3. Untuk C6 yaitu L6.
German is one of familiar languages studied by high school students (SMA/SMK/MA) in Indonesia. Foreign language studies aimed to push students to have good communication skills, both orally or in writing. This explanation is contained in the Content Standards for Primary and Secondary Education in the Regulation of Education Minister and Culture of the Republic of Indonesia Number 21 (2016: 202). All learning activities require teaching materials. Teaching materials used are supposed to be under the instructional rules, which contain the learning materials, methods, and limitations (Widodo and Jasmadi, 2008 : 40). In German language learning, the Erklärung book is chosen as the research. object because it is one of the textbooks used in Surabaya High School, SMAN 11 Surabaya. Every textbook or teaching material needs to adapt to the existing 2013 curriculum. Language learning has four basic skills in this curriculum: reading, speaking, listening, and writing. Therefore, this research focuses on writing skills. Writing skill is the ability to deliver messages using written language as a tool or medium for communication (Suparno 2009: 13). The problem formulations in this study are: 1. What exercises in Erklärung's book for grade 10 in the second semester correspond to writing skills in the 2013 curriculum, 2. Cognitive level of questions in each Practice Question. The limitation of the problem in this article is to analyze the School Life theme. This study aims to find out which practice questions in Erklärung's book correspond to the cognitive level of questions and indicator of writing skills in the 2013 curriculum. This is a qualitative descriptive study using the documentation method. The data source in this research is taken from Erklärung's book, which contains practice questions for writing skills in German. The research instrument is a research rubric that aims to determine whether the learning material with the theme of School Life in the form of descriptive text in the Erklärung book follows the 2013 curriculum for writing skills. There are 13 questions to be analyzed in this book. The aspects measured were linguistic structure under the 2013 curriculum syllabus for class X, cognitive level of questions, and indicators of writing skills. The result of this study shows that 13 questions correspond to the structure of the German language grade 10 and writing indicators: Exercise1, Exercise2, Exercise3, Exercise4, Exercise 5, Exercise6, Exercise 7, Exercise 8, Exercise9, Exercise10, Exercise11, Exercise12, and Exercise13. For the cognitive level, this study figures out that not all levels correspond to the questions, including the C1 level: Exercise 2, Exercise 5, and Exercise 7. For C2, it consists of Excercise 1 and Exercise 13. For C3: Exercise 4, Exercise 9, Exercise 10, and Exercise
11. For C5, it is Exercise 3, Exercise 8, and Exercise 12. And the last one for C6is Exercise 6.
Keywords: practice questions, writing skills, 2013 curriculum, cognitive level question