Keberhasilan dalam mencapai pemahaman akuntansi yang baik diperoleh melalui penguasaan kecerdasan emosional serta minat belajar yang muncul dari dalam diri untuk belajar memahami sesuatu yang akan dipelajari. Mahasiswa dapat mencapai tingkat pemahaman akuntansi dari adanya faktor yang berpengaruh, antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dari kecerdasan emosional, minat belajar, dan hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa s1 prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 86 mahasiswa diangkatan 2016 jurusan pendidikan akuntansi. Pengumpulan data dalam penelitian ini memakai teknik dokumentasi dan kuesioner.
Kemudian metode analisis data memakai analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukan hasil kecerdasan emosional, minat belajar, dan hasil belajar pengantar akuntansi simultan serta berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan pengujian secara parsial kecerdasan emosional dan minat belajar tidak berpengaruh dengan signifikaan, kecerdasan emosional t hitung 0,696 dan signifikansi 0,489 dan untuk minat belajar t hitung 0,322 dan signifikansi 0,748 terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan nilai t hitung 9,706 dan signifikansi 0,000.
Success in achieving a good understanding of accounting is obtained through mastery of emotional intelligence and interest in learning that arises from within to learn to understand something that will be learned. Students can reach the level of accounting understanding of the influential factors, including internal factors and external factors. The purpose of this study was to determine the influence of emotional intelligence, interest in learning, and introductory learning outcomes of accounting to the level of understanding of accounting students. s1 prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri surabaya. This research is a type of quantitative research. The sample of this study was 86 students at the 2016 graduate majoring in accounting education.
Data collection in this study uses documentation and questionnaire techniques. Then the data analysis method uses multiple linear regression analysis. This research shows the results of emotional intelligence, interest in learning, and introductory learning outcomes of simultaneous accounting and has a significant effect on the level of understanding of student accounting S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
While the partial testing of emotional intelligence and learning interest did not significantly influence, emotional intelligence t counted 0.696 and significance was 0.489 and for learning interest t counted 0.322 and significance of 0.748 for the level of understanding of student accounting S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. While the introductory learning outcomes of accounting have a significant effect on the level of understanding of accounting students S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya with a value of t count 9,706 and a significance of 0,000.