METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA
MULTISENSORY METHOD IN INCREASING THE ABILITY TO READ CHILDREN DYSLEXIA
Anak disleksia mengalami kesulitan dalam membaca yang berakibat tidak mampu membaca dengan lancar. Oleh sebab itu, pembelajaran anak disleksia diberikan dengan metode yang menarik, salah satunya mengguakan metode multisensori yang terdapat pada sensor tubuh penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, kinestetik, dan pengecapan dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk menganalisis metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitaif systematic review. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penulusuran dari berbagai referensi. Hasil analisis data dari 10 referensi menunjukkan peningkatan dengan diterapkannya metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia dengan perolehan klasifikasi terendah 15,7%, tertinggi 89,6% dengan rata-rata sebesar 39,9%.
Kata Kunci : disleksia, metode multisensori, membaca
Some children with dyslexic promblem have difficulty in reading which made them unable to read fluently. Therefore, learning for dyslexic children given by using interesting methods, one of them us a multisensory method contained in the body's sensor of vision, hearing, touch, smell, kinesthetic, and taste in learning. Based on the description, then the purpose of this study is to analyze the application of multisensory methods in improving the reading abilities of dyslexic children. The research method used in this study is a quantitative systematic review. Data collection techniques are done by searching from various references. The results of data analysis of 10 references show an increasing with the implementation of multisensory methods in improving the reading ability of dyslexic children with the lowest classification acquisition of 15.7%, the highest 89.6% with an average of 39.9%.
Keywords : Dyslexia, multisensory method, reading