STRATEGI PEMBELAJARAN FORWARD CHAINING UNTUK PENDIDIKAN SEKSUAL REMAJA AUTIS
FORWARD CHAINING STRATEGIES FOR AUSTISTIC ADOLESCENT SEXUAL EDUCATION
Autisme memiliki hambatan komunikasi dan gangguan perilaku sosial yang menimbulkan permasalahan dalam merawat diri saaat usia remaja atau pubertas. Sehingga perlu diterapkanya pembelajaran pendidikan seksual untuk anak-anak autisme. Pendidikan seksual disampaikan untuk mencegah perilaku seksual negatifpada anak autis ketika mereka memasuki usia remaja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran forward chaining untuk pendidikan seksual remaja autis. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan telaah pustakaan dari jurnal dan buku. Hasil kajian kritis ditemukan bahwa melalui strategi pembelajaran dengan metode forward chaining pembelajaran pendidikan seksual dapat terjadi perubahan perilaku cara merawat diri saat memasuki masa remaja pada anak autis.
Autism has communication barriers and social behavior disorders that cause problems in caring for themselves when they are teenagers or puberty. So it is necessary to apply sexual education learning for children with autism. Sexual education is delivered to prevent negative sexual behavior in autistic children when they enter their teens. The purpose of this study is to describe forward chaining learning strategies for the sexual education of autistic adolescents. This study uses the literature review method by studying literature from journals and books. The results of the critical study found that through learning strategies with the method of forward chaining sexual education learning can change behavioristic especially how to care for themselves when entering adolescence.