PRINSIP GESTALT PADA LABEL KEMASAN AIR MINUM ADES
GESTALT PRINCIPLES ON ADES DRINKING WATER PACKAGING LABEL ADES
Persaingan pasar pada produsen air minum dalam kemasan yang ketat untuk menjadi berbeda dengan kompetitor untuk mendapatkan pasar yang lebih spesifik. Topik pembahasan ini adalah salah satu produk dari Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) yaitu Ades karena memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kompetitor. Image segar yang ditampilkan oleh Ades yang mengangkat hidup ramah lingkungan dalam kemasan produk Ades. Penulis melakukan studi analisis tentang penerapan prinsip gestalt pada label Air minum dalam kemasan Ades sebagai identitas visual mereka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa prinsp gestalt dan makna dari tanda - tanda yang digunakan dalam label kemasan Ades. Dalam karya tulis ilmiah ini metode penulisan yang digunakan adalah tinjauan desain dengan prinsip gestalt pada label kemasan Ades. Berdasarkan hasil dari analisis dengan prinsip gestalt, label kemasan Ades menggunakan beberapa prinsip seperti figure and ground, similarity danproximity untuk mencapai visual label kemasan yang menggambarkan produk citra brand Ades sebagai produk yang peduli terhadap lingkungan dan meningkatkan kesadaran jejak emisi karbon dari hasil kegiatan manusia. Dengan pemilihan bentuk visual dan warna yang tepat sebuah label kemasan dapat merepresentasikan citra brand Ades sebagai produk AMDK yang sadar akan lingkungan.
Kata kunci: Air minum, Ades, Kemasan, Gestalt, Label
Market competition for bottled water producers is tight to be different from competitors to get a more specific market. The topic of this discussion is one of the products from Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI), namely Ades because it has its own uniqueness compared to competitors. A fresh image displayed by Ades that elevates environmentally friendly life in Ades product packaging. The author conducted an analytical study on the application of the gestalt principle on the label of drinking water in Ades packaging as their visual identity. The purpose of this study was to analyze the gestalt principle and the meaning of the signs used in Ades packaging labels. In this scientific paper, the writing method used is a design review with the gestalt principle on the Ades packaging label. Based on the results of the analysis using gestalt principles, Ades packaging labels use several principles such as figure and ground, similarity and proximity to achieve a visual packaging label that describes the product's brand image as a product that cares about the environment and increases awareness of the carbon footprint of human activities. By choosing the right visual form and color, a packaging label can represent the Ades brand image as an environmentally conscious bottled water product. Keywords: Drinking water, Ades, Packaging, Gestalt, Label