STRATEGI PRESENTASI DIRI FASHION INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
THE STRATEGY OF SELF-PRESENTATION FASHION INFLUENCER ON SOCIAL MEDIA INSTAGRAM
Pemanfaatan sosial media di era digital ini memang sangat beragam diantaranya manusia dapat leluasa untuk berkomunikasi antar satu sama lain dengan mengunggah foto dan video, salah satunya menggunakan aplikasi instagram. Sehingga muncul istilah influencer yang dapat membedakan pengguna instagram dengan pengguna yang memiliki banyak pengikut. Sehingga para influencer memiliki cara dalam menunjukan presentasi diri yang baik di media sosial, hal ini dikarenakan media sosial memiliki peran yang besar dalam memiliki kontrol yang besar atas tindakan atau perilaku presentasi diri mereka dibandingkan dengan komunikasi secara langsung. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana fashion influencer yang memiliki jumlah rentang pengikut 1000-100.000. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Untuk pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan berbagai upaya dan strategi yang dilakukan para fashion influencer dalam menunjukkan presentasi diri, diantaranya menampilkan konten yang menarik dan informatif dan diiringi juga pemanfaatan fitur-fitur instagram secara tepat sehingga dapat meningkatan jumlah pengikut dan dapat menunjukkan presentasi diri yang sesuai.
Kata Kunci: presentasi diri, influencer, media sosial
The use of social media in the digital age is very varied including communicating between people who are free each other by uploading photos and videos, one of them is Instagram use application. So it appeared the term influencer user can distinguish Instagram users who have a large following. So that the means to show influencers having a presentation person in social media, was because social media have a larger role in having control of the actions or conduct of presentation themselves than to its direction. This study aims to see how fashion influencers, possess the range of 1000-100.000. The method used in this study is the phenomenology and qualitative approach. To withdraw data using techniques of interviews and observations. The result of the research indicated efforts and strategies of the fashion influencer in the presentation to show, the content is showing attractive and informative and accompanied also Instagram's feature exactly utilization and of improving the number of and proof to presentation in accordance.
Keywords: self –presentation, influencer, social media