Salah satu permasalahan dalam perkuliahan di jurusan pendidikan geografi adalah kurangnya inovasi dalam penerapan media pembelajaran. Perkuliahan kosmografi terdapat materi Tata Surya yang selama ini media yang digunakan terbatas pada powerpoint dimana media tersebut kurang interaktif dengan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengembangkan media diorama yang menggambarkan keadaan tata surya yang layak digunakan dan 2). Mengetahui respon mahasiswa sebagai calon pengguna media terhadap media yang telah dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four-D atau Research and Development (R&D) oleh Thiagarajan dkk (1974) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu 1. Pendefinisian (define), 2. Perancangan (design), 3. Pengembangan (develop), dan 4. Penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dengan metode angket respon mahasiswa yang melibatkan 45 mahasiswa kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan skoring oleh Likert.
Media yang dikembangkan telah melalui tahap revisi sebelum dinyatakan sebagai media yang ‘layak’ oleh validator. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan diperoleh persentase sebesar 83,1%. Tabulasi respon mahasiswa mendapatkan persentase sebesar 86,4%. Menurut likert persentase antara 80,01-100% dikategorikan sebagai media yang ‘Sangat Menarik’ atau ‘Sangat Layak”. Hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa media diorama materi tata surya yang dikembangkan sangat layak digunakan pada perkuliahan Kosmografi materi Tata Surya di Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya.
One of the problems in lectures in the geography education department is the lack of innovation in the application of instructional media. There are cosmographic lectures on the Solar System, so far the media used are limited to powerpoints where the media is less interactive with students. This study aims to 1). Developing diorama media that describe the state of the solar system that is feasible to use and 2). Knowing the response of students as potential media users to the media that have been developed.
This research is a research development with the Four-D development model or Research and Development (R&D) by Thiagarajan et al (1974) which consists of several stages, namely 1. Define, 2. design, 3. develop and 4. Disseminate. Data collection techniques with the student response questionnaire method involving 45 students were then analyzed using quantitative descriptive techniques with a score by Likert.
The developed media has gone through a revision stage before it is declared as 'feasible' media by the validator. Based on the results of the validation that has been done obtained a percentage of 83.1%. The tabulation of student responses gets a percentage of 86.4%. According to Likert the percentage between 80.01-100% is categorized as 'Very Attractive' or 'Very Worthy' media. The results of this development study concluded that the diorama media of solar system material that was developed was very feasible to be used in the Cosmography lecture on Solar System material in the Department of Geography Education, Faculty of Social Sciences and Law, Surabaya State University.
Keywords: Development Research, 3D Media, Cosmography, Solar System