CUSTOMER SATISFACTION LEVEL WITH COSMETIC PRODUCT PURCHASES
AT MS GLOW CLINIC, SAMARINDA DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Trend pembelian produk perawatan wajah kini semakin banyak digemari masyarakat sebagai penunjang penampilan. Namun karena adanya pandemi Covid-19 saat ini, memiliki dampak yang cukup besar di berbagai aspek kehidupan, termasuk didalam dunia kecantikan. MS Glow merupakan salah satu produk kecantikan yg masih bertahan di era pandemi saat ini dan mengalami kenaikan penjualan. Hal ini sesuai dengan hasil studi awal terkait trend penggunaan produk perawatan wajah MS Glow dan mempengaruhi peneliti untuk mengetahui kepuasan pelanggan dalam pembelian produk kosmetik perawatan wajah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah kepuasan pelanggan meliputi kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dilakukan secara online melalui Google form. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling sejumlah 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persentase pada aspek kualitas produk sebesar 92,14%, pada aspek kualitas pelayanan sebesar 94%, pada aspek kepuasan konsumen sebesar 85,71%, dan pada aspek loyalitas konsumen sebesar 85%, ke-empat aspek tersebut menunjukkan kriteria yg sangat baik. Aspek kualitas produk dan pelayanan menunjukkan angka tertinggi pada kepuasan pelanggan produk perawatan wajah MS Glow.