ABSTRAK
Makhmudah. 2019. Pengaruh Pola Hidup Orang Tua, Literasi Ekonomi, Dan Iklan Televisi, Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati, M. Si., dan (II) Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., M.SM.
Kata-kata Kunci: Pola Hidup Orang tua, Literasi Ekonomi, Iklan Televisi, Perilaku Konsumtif Generasi Z
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh pola hidup orang tua terhadap perilaku konsumtif generasi Z. 2) Pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif generasi Z. 3) Pengaruh iklan televisi terhadap perilaku konsumtif generasi Z. 4) Pengaruh secara simultan variabel pola hidup orang tua, literasi ekonomi, dan iklan televisi terhadap perilaku konsumsi generasi Z.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Surabaya wilayah Barat, yaitu SMP Negeri 3 Kota Surabaya, dan SMP Negeri 22 Kota Surabaya dengan jumlah responden yang dijadikan sampel adalah 89 siswa. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan secara parsial 1) pola hidup orang tua mempunyai nilai thitung sebesar 3,738 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar ± 1,988 hal ini dapat diartikan variabel pola hidup orang tua berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku konsumtif generasi Z, 2) literasi ekonomi mempunyai nilai thitung sebesar 5,904 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar ±1,988 hal ini dapat diartikan bahwa variabel literasi ekonomi berpengaruh signifikan positif terhadap variabel perilaku konsumtif generasi Z, 3) iklan televisi mempunyai nilai thitung sebesar 3,418 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar ±1,988hal ini dapat diartikan bahwa iklan televisi berpengaruh signifikan positif terhadap variabel perilaku konsumtif generasi Z, 4) Secara Simultan pola hidup orang tua, literasi ekonomi, dan iklan televisi berdasarkan perhitungan menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 44,275 > Ftabel 2,712 yang berarti bahwa pada a = 0,05 variabel mempunyai pengaruh secara simultan / bersama-sama terhadap perilaku konsumtif generasi Z.
ABSTRACT
Makhmudah, 2019. The effect of parent living rule, economy literacy, and television advertisement, toward consumtive behaviour of Z Generation. Thesis, Education of Economy Program, Magister of Surabaya University. Advisor: (I) Prof. Dr. Dewi Tri Wijayati, M. Si, and (II) Dr. Tri Sudarwanto, S. Pd, M. SM.
Keyword : Parent living rule, economy literacy, television advertisement, consumtive behaviour of Z generation.
This study aim to analyze : 1) find out the parent living rule toward consumtive behaviour of Z generation. 2) find out the effect of economy literacy toward the consumption of z generation. 3) find out the effect of television advertisement toward the consumption behaviour of Z generation. 4) find out the effect variable parent living rule, economy literacy, and television advertisement toward consumtive behaviour of Z generation simultanously.
This study is quantitative research. The population of study is the west zone of VIII grade students of SMP Negeri Surabaya, they are SMP Negeri 3, and SMP Negeri 22 whether the number of the respondances who is used to be sample is 89 students. The data is collected by quesioner and documentation methods. And then is analysed by multiple regression linear analysis.
The result shows that 1) parent living rule has tcount value is 3,788 bigger than ttable on the real degree is ±1,988. Thus the parent living rule affect to the consumtive behaviour Z generation, 2) economy literacy tcount is 5,904 bigger than ttable value on the real degree is ±1,988. It means that economy literacy affects toward dependent variable consumtive pattern Z generation, 3) television advertisement tcount value is 3,418 bigger than ttable value on the real degree is ±1,988. It means that television advertisement affects to the dependent variable consumtive pattern Z generation, 4) simultanously, the parent living rule, economy literacy, television advertisement, based on the calculation shows Fcount is 44,275 > Ftable 2,712 which means that on the real degree α = 0,005 the variable affects simultanously toward consumtive behaviour.