KELAYAKAN LKPD BERBASIS LITERASI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
THE FEASIBILITY OF STUDENT WORKSHEET BASED LITERACY OF RESPIRATORY SYSTEM IN HUMANS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis literasi materi sistem pernapasan pada manusia yang layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Sidoarjo berjumlah 33 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan R&D yang terdiri dari tahap potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk. Instrumen kelayakan LKPD terdiri dari lembar validitas, lembar observasi dan lembar respon. Kevalidan dihitung menggunakan modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasi literasi dapat meningkatkan hasil belajar. Kepraktisan dihitung dengan menggunakan presentase, dan keefektifan dihitung dengan menggunakan n–gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kevalidan ditinjau dari hasil validasi, kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan LKPD, aktivitas peserta didik, dan respon peserta didik. Keefektifan ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa validitas LKPD mendapatkan modus 4 dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan LKPD 100% dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik 99,48% dengan kategori sangat baik, dan respon peserta didik yang memperoleh 99,70% dengan kategori sangat baik. Untuk keefektifan ditinjau dari hasil belajar yang diperoleh berdasarkan peningkatan n-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis literasi sains dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: validitas, kepraktisan, keefektifan, LKPD, literasi
This study aims to produce student worksheet based on the literacy of respiratory system materials in humans that are appropriate based on aspects of validity, practicality, and effectiveness. The subjects of this study were 33 grade VIII students of SMPN 3 Sidoarjo. This type of research is development research that refers to the R&D development model which consists of the stages of potential problems, information gathering, product design, product validation, design revisions, product trials. Student worksheet eligibility instruments consist of validity sheets, observation sheets and response sheets. Validity is calculated using the mode. The results showed that learning using student worksheet based on literacy can improve learning outcomes. Practicality is calculated using a percentage, and effectiveness is calculated using n-gain. The results of this study indicate that the student worksheet developed was declared valid, practical, and effective. Validity is seen from the results of validation, practicality is reviewed from the implementation of student worksheet, students activities, and students responses. Effectiveness is reviewed from the learning outcomes of students. The results show that the validity of student worksheet gets mode 4 in the very feasible category. The results of practicality were observed from the implementation of student worksheet 100% in the excellent category, the activity of the students 99.48% in the very good category, and the response of the students who received 99.70% in the very good category. For effectiveness in terms of learning outcomes obtained based on an increase in n-gain of 0.73 with a high category. Based on these results it can be concluded that student worksheet based on scientific literacy is said to be suitable for use in the learning process.
Keywords: validity, practicality, effectiveness, student worksheet, literacy.