ABSTRAK
Wulandari, Cicik. 2018. Pengembangan Panduan Parenting untuk Pengembangan Diri Anak Autis. Tesis, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Muhari, dan (II) Dr. Endang Pudjiastuti S, M.Pd.
Kata Kunci : Panduan Parenting, Pengembangan Diri, Autis
Orang tua memerlukan pengetahuan dan keterampilan untuk melatih dan membimbing pengembangan diri anak autis terutama kegiatan mandi di rumah sehingga anak autis dapat lebih mandiri. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka perlu adanya petunjuk agar orang tua dapat ikut serta memberikan latihan mandi bagi anak autis di rumah. Untuk mempermudah orangtua dalam mempelajari cara melatih mandi anak autis, maka diperlukan suatu panduan parenting berupa buku panduan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan prototype panduan parenting untuk pengembangan diri (mandi) anak autis, (2) Menguji kelayakan prototype panduan parenting untuk pengembangan diri (mandi) anak autis, (2) Menguji pemahaman orang tua terhadap prototype panduan parenting untuk pengembangan diri (mandi) anak autis.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan (1974). Namun, dalam penelitian ini yang dilakukan hanya sampai D ke 3 (tiga) yaitu : tahap pendefinisian (define): menganalisis tujuan dan batasan dari konsep materi pembelajaran yang dikembangkan, tahap perancangan (design): merancang draft awal panduan dan tahap pengembangan (develop): menghasilkan prototype panduan berdasarkan uji kelayakan validator dan uji pemahaman orang tua. Pengumpulan data yang menggunakan lembar validasi untuk validator ahli isi dan ahli desain serta angket untuk orag tua. Subjek penelitian dilakukan kepada tiga orang tua anak autis di SDNP Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian tentang pengembangan panduan parenting untuk pengembangan diri (mandi) anak autis dapat dinyatakan layak oleh validator ahli desain dengan 92,5 % dan ahli isi dengan 88%. Penelitian ini juga diuji cobakan untuk mengetahui pemahaman orangtua terhadap isi buku dan memperoleh 92,7% sehingga dapat dinyatakan orang tua memahami isi buku panduan tersebut yang berarti buku panduan tersebut layak dan dapat digunakan untuk orang tua dalam mengembangkan pengembangan diri (mandi) anak autis.
ABSTRACT
Wulandari, Cicik. 2018. The Development of a Parenting Guide for Autism Children’s Self Development. Thesis. Special Education Department, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya. Advisers: (I) Prof. Dr. Muhari, and (II) Dr. Endang Pudjiastuti S, M.Pd.
Keywords: Parenting Guide , Self Development, Autism
Parents need an knowledge and skills to train and guide autism children’s self- development especially in taking a bath at home so that autism children can be more independent. Relating with these problems, it is necessary for a guidance so that parents can participate to provide exercise in taking a bath for autism children at home. To make it easier for parents to learn how to train autistm children's take a bath activities, a parenting guide is needed in form of a guidance book. So that, the aims of this research were (1) Developing the prototype of parenting guidance prototype for self-development (take a bath) of autism children, (2) Testing the feasibility of parenting guidance prototype for self-development(take a bath) of autism children, (3) Testing the parents understanding in the the prototype of parenting guidance for self-development (take a bath) of autism children
This research used Thiagarajan’s (1974) 4-D development mode. However, this research was done only up to D number 3 namely : defining stage: analyzing the objectives and limitations of the learning materials concept which was developed, design stage: designed the initial draft of guidance book, and development stage: produce the guidance book’s prototype based on validators feasibility studies and test of parents uderstanding. Data collection used validation sheet for content expert validators and design expert validators as well as a questionnaire for parents. This research subject consisted of three parents of children with autism in SDNP Surabaya.
Based on the research result on the development of parenting guide for self-development (take a bath) of autism children can be said that it is eligible by the design expert validator with 92.5% and the content expert with 88%. This research was also tested to find out the parents understanding of the book contents and obtained 92.7% , so that parents can understand the contents of the guidance book which means that this guidance book is feasible and can be used for parents in developing self-development (take a bath) of children with autism