HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING MOTIVATION AND SOCIAL SUPPORT OF FRIENDS WITH STUDENT ACHIEVEMENTS
Mencapai prestasi belajar yang tinggi di sekolah selalu menjadi harapan peserta didik. Namun, faktanya, tidak semua peserta didik dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi. Inteligensi telah diakui oleh para ahli psikologi dan pendidikan sebagai faktor yang paling kuat mempengaruhi prestasi. Namun kkuatan pengaruhnya bergantung pada faktor-faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara faktor lain diluar kecerdasan, yakni motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif serta rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 4 Sidoarjo. Jumlah seluruh anggota populasi adalah sebanyak 360 orang dan sebanyak 186 orang dijadikan sebagai sampel. Sampel ini ditarik melalui teknik disproportionate stratisfies random sampling. Data motivasi belajar dan dukungan sosial diukur melalui skala motivasi belajar dan skala dukungan sosial. Sedangkan data prestasi belajar diambil dari Buku Nilai Sekolah. Analsis data dilakukan melalui metode statistik dengan rumus korelasi ganda. Hasil analisis membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar, antara dukungan sosial temans ebaya dan prestasi belajar. Besaran koefisien korelasi dari masing-masing hubungan tersebut secara berturut-turut adalah 0,950, 0,951, dan 0,997. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah dapat menjadi perhatian bagi guru bimbingan dan konseling untuk terus membantu peserta didik meningkatkan motivasi belajar dan dukungan sosial teman seabaya.
Achieving high learning achievement in school has always been the expectation of students. However, the fact is, not all students can achieve high learning achievement. Intelligence has been recognized by psychologists and education experts as the most powerful factor influencing achievement. But the strength of its influence depends on other factors. This study aims to determine whether there is a relationship between other factors beyond intelligence, namely learning motivation and peer social support. This research was conducted with a quantitative approach and correlational design. The population of this study was students of class XI of SMAN 4 Sidoarjo. The total number of members of the population is 360 people and 186 people are used as samples. These samples were drawn through disproportionate statistical random sampling techniques. Data on learning motivation and social support are measured through the scale of learning motivation and social support scale. While learning achievement data is taken from the School Grades Book. Data analysis was performed through a statistical method with a multiple correlation formula. The results of the analysis prove that there is a significant relationship between learning motivation and learning achievement, between peer social support and learning achievement. The correlation coefficients of each of these relationships are 0.950, 0.951, and 0.997, respectively. The results of this study imply that it can be a concern for teachers of guidance and counseling to continue to help students improve learning motivation and social support for friends in Surabaya.