HUBUNGAN ANTARA EMPLOYEE ENGAGEMENT DENGAN INTENTION TO IMPROVEMENT PADA KARYAWAN PT. “X”
THE RELATIONSHIP BETWEEN EMPLOYEE ENGAGEMENT AND INTENTION TO IMPROVEMENT IN EMPLOYEES OF PT. "X"
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait hubungan employee engagement dengan intention to improvement pada karyawan PT. “X”. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 203 orang karyawan, dengan rincian 30 orang karyawan sebagai subjek uji coba dan 173 orang karyawan sebagai subjek penelitian. Pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan dimensi employee engagement dan dimensi intention yang telah dimodifikasi dengan menghubungkan pada aspek improvement berdasarkan program improvement di perusahaan yakni sumbang saran. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Diketahui pula nilai koefisien korelasi sebesar 0,815 yang mana termasuk pada kategori sangat kuat dan bernilai positif. Penelitian ini menunjukkan hasil adanya hubungan yang signifikan antara employee engagement dengan intention to improvement pada karyawan PT. “X”. Hubungan searah pada penelitian ini dikarenakan adanya nilai positif pada Pearson Correlation, hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi employee engagement maka semakin tinggi pula intention to improvement pada karyawan, begitu pula sebaliknya.
This study aims to obtain information related to the relationship between employee engagement and the intention to improvement in PT. "X". The research method used in this study is quantitative. Data retrieval techniques use purposive sampling techniques. The subjects of this study amounted to 203 employees, with 30 employees as test subjects and 173 employees as research subjects. The data collection of this study used a questionnaire prepared based on the employee engagement dimension and the intention dimension that had been modified by linking the improvement aspects based on improvement programs in the company, namely discordant suggestions. Data analysis using Pearson Product Moment correlation with a significance value of 0.000 (p<0.05). It is also known that the value of the correlation coefficient is 0.815 which is included in the very strong and positive category. This study shows the results of a significant relationship between employee engagement and intention to improvement in PT. "X". The unidirectional relationship in this study is due to the positive value in the Pearson Correlation, it shows that the higher the employee engagement, the higher the intention to improve in employees, and vice versa.