Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin
Profile of Students' Creative Thinking in Solving Mathematical Problems in terms of Sex
ABSTRAK
Isrozia Kusumawardhany, Kharisma. 2021. Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I): Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd, dan (II): Dr. Raden Sulaiman, M.Si.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Masalah Matematika, Pemecahan Masalah, Jenis Kelamin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalaha matematika ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah satu orang siswa laki-laki dan satu orang siswa perempuan. Kedua subjek tersebut memiliki kemampuan matematika yang tinggi dan setara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian Tes Kemampuan Matematika (TKM) dilakukan untuk mendapatkan subjek penelitian, Tugas Pemecahan Masalah (TPM) dilakukan dua kali untuk mendapatkan deskripsi profil berpikir kreatif siswa, dan wawancara yang dilakukan sebanyak dua kali untuk mendapat data yang valid.
Hasil penelitian yang didapat pada penelitian ini adalah (1) Profil berpikir kreatif siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu pada tahap (read and explore) memahami masalah, subjek laki-laki menemukan unsur-unsur penting dalam masalah meliputi unsur yang diketahui dan ditanyakan. Setelah mengetahui apa yang ditanyakan pada soal, subjek juga mengetahui dan menjelaskan secara lisan setiap unsur pada informasi yang diketahui dan yang ditanyakan memiliki hubungan. Pada tahap (select a strategi) memilih strategi penyelesaian , subjek laki-laki mengetahui beragam ide yang digunakan dalam menyelesaikan TPM dan dapat menjelaskan dengan baik alasan mengapa menggunakan ide tersebut sehingga hal tersebut memenuhi indikator fleksibilitas (fleksibility). Pada tahap (solve the problem) melaksanakan penyelesaian masalah, subjek laki-laki mengemukakan beragam strategi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah yaitu dengan menggabungkan aturan pengurangan dengan perkalian bilangan bulat dan menggunakan garis bilangan. Setelah mengetahui ide dan strategi yang digunakan, subjek mengimplementasi ide dan strategi tersebut dalam menyelesaikan masalah TPM sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa subjek memenuhi indikator kefasihan (fluency) dan kebaruan (novelty). Pada tahap (review and extend) memeriksa kembali jawaban, subjek laki-laki secara lisan mengatakan bahwa penyelesaian masalah yang dilakukan sudah benar dengan mengecek jawaban tersebut. Strategi yang digunakan dalam mengecek jawaban dengan aturan operasi hitung bilangan bulat untuk melihat hasil dari perubahan suhu masing-masing kota dan membuat garis bilangan sehingga dalam hal tersebut memenuhi indikator fleksibilitas (fleksibility) dan kefasihan (fluency). (2) Profil berpikir kreatif siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu pada tahap (read and explore) memahami masalah, subjek perempuan dapat menemukan unsur-unsur penting dalam masalah meliputi unsur yang diketahui dan ditanyakan. Hal tersebut terlihat subjek perempuan menuliskan informasi yang dibutuhkan dan subjek mampu menjelaskan secara lisan dengan baik. Setelah mengetahui dan menjelaskan secara lisan informasi apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, subjek juga mengetahui dan menjelaskan secara lisan setiap unsur pada informasi yang diketahui dan yang ditanyakan memiliki hubungan. Pada tahap (select a strategi) memilih strategi penyelesaian, subjek perempuan mengetahui satu ide yang digunakan dalam menyelesaikan TPM dan dapat menjelaskan dengan baik alasan mengapa menggunakan ide tersebut. Pada tahap (solve the problem) melaksanakan penyelesaian masalah, Subjek perempuan mengemukakan satu strategi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah yaitu dengan menggabungkan aturan pengurangan dengan perkalian bilangan bulat, hal tersebut memenuhi indikator kebaruan (novelty). Setelah mengetahui ide dan strategi yang digunakan, subjek mengimplementasi ide dan strategi tersebut dalam menyelesaikan masalah TPM. Tetapi dalam perhitungan subjek perempuan kurang teliti sehingga ada kesalahan dalam menentukan hasilnya. Pada tahap (review and extend) memeriksa kembali jawaban, subjek perempuan secara lisan mengatakan bahwa penyelesaian masalah yang dilakukan sudah benar meskipun ada kesalahan hasil akibat kurang telitinya subjek. Subjek perempuan mengecek jawaban pada pekerjaannya dengan mengikuti alur penyelesaian masalahnya atau menghitung kembali hasil yang ditemukan dari langkah-langkah awal pekerjaannya, hingga memastikan jawabannya benar. Strategi yang digunakan dalam mengecek jawaban dengan aturan operasi hitung bilangan bulat.
ABSTRACT
Kusumawardhany, Kharisma Isrozia. 2021. Profile of Students' Creative Thinking in Solving Mathematical Problems in terms of Sex. Thesis. Mathematics Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor (I): Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd, and (II): Dr. Raden Sulaiman, M.Sc.
Keywords: Creative Thinking, Mathematical Problems, Problem Solving, Sex.
The purpose of this study was to describe the profile of students' creative thinking in solving mathematical problems in terms of sex. This type of research is a research qualitative descriptive. The subjects in this study were one male student and one female student. Both subjects have high and equal mathematical abilities. Data was collected by administering a Mathematical Ability Test (MAT) to obtain research subjects, Problem Solving Tasks (PST) were conducted twice to obtain a profile description of students' creative thinking, and interviews were conducted twice to obtain valid data.
The results obtained in this study are (1) Profile of male students' creative thinking in solving mathematical problems, namely at the level of read and explore to understand the problem, male subjects find important elements in the problem including elements that are known and asked. After knowing what was asked in the question, the subject also knew and explained orally each element in the information that was known and asked had a relationship. At the level of selecting a strategy, the male subject knows the various ideas used in completing the PST and can explain well the reasons why he uses the idea so that it meets the flexibility indicator. At the level of solve the problem, the male subjects presented various strategies used in solving the problem, namely by combining the rules of subtraction with multiplication of integers and using a number line. After knowing the ideas and strategies used, the subject implements the ideas and strategies in solving the PST problem so that it shows that the subject meets the fluency and novelty indicators. At the level of review and extend, male subjects verbally said that the problem solving they had done was correct by checking the answers. The strategy used in checking answers with operating rules for counting integers to see the results of changes in the temperature of each city and making a number line so that in this case it meets the indicators of flexibility and fluency. (2) The profile of female students' creative thinking in solving mathematical problems, namely at the level of read and explore, female subjects can find important elements in the problem including elements that are known and asked. It can be seen that the female subject wrote down the required information and the subject was able to explain orally well. After knowing and explaining orally what information was known and asked in the question, the subject also knew and explained orally each element in the information that was known and asked had a relationship. At the level of selecting a strategy, the female subject knows one idea used in completing the PST and can explain well the reasons for using that idea. At the level of solve the problem, female subjects propose a strategy used in solving problems, namely by combining the rules of subtraction with multiplication of integers, this fulfills the indicator of novelty. After knowing the ideas and strategies used, the subject implements these ideas and strategies in solving PST problems. But in the calculation of female subjects less thorough so that there is an error in determining the results. At the level of review and extend, female subjects verbally said that the problem solving that was done was correct even though there were errors in the results due to the subject's lack of accuracy. The female subject checks the answers on her work by following the flow of solving the problem or recalculating the results found from the initial steps of her work, to make sure the answer is correct. The strategy used in checking answers with operation rules for counting integers.