Sanggar Kreasi Dance Sidoarjo dibawah naungan Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo. Sanggar tersebut memiliki prestasi di tingkat daerah, provinsi, bahkan nasional. Pembelajaran di sanggar tersebut menggunakan sistem kelas dengan akhir tahun pembelajaran di adakan Ujian Kenaikan Tingkat Kelas. Sanggar Kreasi Dance Sidoarjo mengikuti Sidex Workshoop And Competition dan berhasil mendapatkan Juara pertama dengan Tari Batik Kupang. Pembelajaran tari Batik Kupang di sanggar Kreasi Dance Sidoarjo menggunakan model pembelajaran rolling siswa dan arah hadap serupa dengan pembelajaran langsung dengan kombinasi metode drill. Pembelajaran tersebut menjadi daya tarik untuk dilaksanakan penelitian. Berangkat dari hal tersebut Peneliti mengambil rumusan masalah diantaranya 1) Bagaimana pembelajaran tari Batik Kupang di Sanggar Tari Kreasi Dance Sidoarjo, 2) Bagaimana hasil pembelajaran tari Batik Kupang di Sanggar Tari Kreasi Dance Sidoarjo, 3) Apa saja faktor pendukung keberhasilan pembelajaran tari Batik Kupang di sanggar kreasi dance sidoarjo.
Peneliti menggunakan beberapa teori dan konsep untuk menjawab rumusan masalah penelitian diantaranya teori pembelajaran Ahmad Susanto (2016:19), komponen pembelajaran Rusman (2017: 88), Pembelajaran Langsung Asep (2009: 28), Hasil Belajar Asep (2009: 20-21), dan faktor pengaruh hasil belajar Ahmad (2013: 12). Selain itu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengambilan data dilapangan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan perekaman. Untuk mengetahui validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan data.
Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa tari Batik Kupang adalah tari yang menceritakan kegiatan wanita Sidoarjo yang berdagang dan mencari kupang dan membatik. Pembelajaran tari Batik Kupang di sanggar tari Kreasi Dance Sidoarjo dilakukan dengan model pembelajara rolling siswa atau tukar tempat dan arah hadap. Rolling siswa dan empat arah hadap berfungsi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa, pembelajaran yang dilakukan di sanggar tersebut dapat menentukan keberhasilan peserta didik dalam mencapai prestasi di ukur dari penilaian proses dan hasil dalam mengikuti kompetisi. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi dari faktor internal meliputi IQ (kecerdasan), minat, bakat, motivasi belajar, dan kondisi kesehatan. Selain itu faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, jenjang kelas, sarana sanggar, cara mendidik (model pembelajaran), dukungan orang tua, dan pertemanan.
Kata Kunci: Pembelajaran, Tari Batik Kupang, Faktor Pendukung.
Sanggar Kreasi Dance Sidoarjo under the auspices of the Sidoarjo Regency Sports and Tourism Office. The studio has achievements at the regional, provincial and even national levels. Learning in the studio uses a class system with the end of the learning year held a Classroom Increase Test. Sanggar Kreasi Dance Sidoarjo participated in the Sidex Workshoop And Competition and won the first place with Kupang Batik Dance. Learning Batik Kupang dance in the Kreasi Dance Sidoarjo studio using the rolling learning model of students and similar direction with direct learning in a combination of drill methods. Learning is an attraction for conducting research. Departing from this the researcher took the formulation of the problem including 1) How to learn Kupang Batik dance in Dance Creation Dance Sidoarjo Kupang at the sidoarjo dance creation studio .
The researcher used several theories and concepts to answer the research problem formulas including Ahmad Susanto's learning theory (2016: 19), Rusman's learning component (2017: 88), Asep's Direct Learning (2009: 28), Asep Learning Outcomes (2009: 20-21) , and factors influencing Ahmad's learning outcomes (2013: 12). In addition, the approach used in this study is a qualitative approach. The data collection techniques in the field are interviews, observation, documentation, and recording. To find out the validity of the data in this study using triangulation techniques and data analysis by reducing data, presenting data, and drawing data conclusions.
The results of the research obtained indicate that Batik Kupang dance is a dance that tells the activities of Sidoarjo women who trade and look for kupang and batik. Learning Kupang Batik dance in dance studio Creative Dance Sidoarjo is done by rolling learning models of students or exchange places and directions. Rolling students and four directions face function to measure the level of understanding of students, learning conducted at the studio can determine the success of students in achieving achievements measured from the assessment of the process and results in participating in the competition. Learning success is influenced by internal factors including IQ (intelligence), interests, talents, learning motivation, and health conditions. In addition, external factors include the family environment, school environment, community environment, class levels, studio facilities, how to educate (learning models), parental support, and friendship.