DEVELOPMENT OF ACTIVITY SHEET FOR STUDENTS (LKPD) BASED ON HIGHER THINKING SKILLS IN THE ACCOUNTING CYCLE MATERIALS OF CLASS XI ACCOUNTING TRADE COMPANIES IN SURABAYA
Pengembangan kurikulum di Indonesia mulai memasuki babak baru dengan memperkenalkan proses pembelajaran yang dapat melatih peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah, berkolaborasi dengan komunikasi yang baik, serta mengaharpkan peserta didik untuk mampu menginovasi pola belajar yang baik pada setiap individu. Beberapa penelitian memberikan solusi bahan ajar dengan mengadopsi pola pembelajaran Higher Order Thinking Skills dirasa efektif dalam menunjang tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian ini mengadopsi pengembangan LKPD pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang kelas XI SMK Negeri di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan rujukan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, dkk. Tahapan penelitian ini terdiri dari pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Produk yang dikembangkan akan di telaah dan divalidasi oleh para ahli diantaranya: ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli grafis. Insturmen penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah lembar telaah ahli dan lembar validasi ahli. Lembar telaah ahli berisikan saran dan masukan dari masing-masing ahli untuk memperbaiki kualitas produk sebelum masuk ketahap selanjutnya, sedangakan untuk lembar validasi ahli berisikan penilaian yang diberikan oleh masing-masing ahli atas produk yang telah dikembangkan. Hasil validasi memperoleh presentase sebesar 80,27% dari segi materi, 87,69% dari segi kebahasaan, dan 82,73% dari segi grafis. Dari data tersebut dapat disimpulkan produk yang dikembangkan masuk kedalam kategori sangat layak dari segi materi, segi kebahasaan, dan segi kegrafikan.
Indonesian curriculum development starts to enter a new phase by introducing learning processes that can train students to think critically in problems solving, collaborate with good communication, and expect students to innovate good learning patterns in each individual. Some research in providing teaching materials solutions by adopting Higher Order Thinking Skills learning pattern is effective in supporting the expectation of learning objectives. Therefore, this research adopted the development of LKPD in the accounting of tranding company cycle in class XI SMK Negeri at Surabaya. The type of research used is development research with the reference of the 4D development model by Thiagarajan, et al. The stages of this research consist of define, design, and develop. Products developed will be reviewed and validated by experts including: material experts, linguists, and graphic experts. The research institutions used in data collection are expert study sheets and expert validation sheets. The expert review sheet contains advice and input from each expert to improve the quality of the product before entering the next stage, while the expert validation sheet contains an assessment given by each expert on the product that has been developed. The validation results obtained a percentage of 80.27% in terms of material, 87.69% in terms of language, and 82.73% in terms of graphics. From these data it can be concluded that the product developed into the category is very feasible in terms of material, linguistic, and graphic terms.