DIGITALISASI PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA RUANGGURU
DIGITALIZATION OF MUSICAL ARTS LEARNING IN RUANGGURU
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan peran digitalisasi pembelajaran seni musik yang dilakukan oleh Ruangguru. Pendekatan kualitatif diambil sebagai pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder berupa wawancara dan bahan presentasi produk untuk jenis pembelajaran seni budaya (musik). Analisis yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan setelah itu diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk digitalisasi pembelajaran seni musik yang dilakukan oleh Ruangguru adalah siswa dapat memilih pengajar musiknya sendiri, dapat menentukan jadwal pembelajarannya dan menentukan topik seni musik yang akan dibahas. Selain itu Ruangguru juga menggabungkan fitur pemesanan kelas musik, video call pembelajaran dan rekaman pembelajaran dalam satu aplikasi dan website terpusat. Dalam proses pembelajarannya, materi dibagi menjadi tiga level yaitu pemula, tingkat lanjut dan mahir. Setiap level memiliki materi pembelajaran yang berbeda. Semakin naik levelnya, semakin sulit materinya. Namun materi sudah dibuat berurutan agar mudah difahami siswa.
Peran digitaliasi pembelajaran seni musik pada Ruangguru adalah dapat menawarkan fleksibilitas dan pembelajaran dilakukan terpusat pada satu aplikasi Ruangguru. Selain itu pembelajaran juga dapat berjalan lebih terarah dan sesuai kebutuhan siswa. siswa dapat menyerap materi pembelajaran secara lebih mudah karena materi dibagi menjadi tiga level dengan tingkat kemampuan dan kesulitan yang berbeda.
Kata Kunci: digitalisasi, pembelajaran, seni musik, Ruangguru.
This research aims to describe the form and role of digitalization of music arts learning carried out by Ruangguru. A qualitative approach was taken as the approach used in this research. The data used is primary and secondary data in the form of interview and product presentation materials for arts and culture (music) learning. The analysis was carried out using qualitative descriptive analysis and after that conclusions were drawn. The results of this research show that the form of digitalization of music art learning carried out by Ruangguru is that students can choose their own music teacher, can determine their learning schedule and determine the music art topics that will be discussed. Apart from that, Ruangguru also combines features for booking music classes, learning video calls and learning recordings in one centralized application and website. In the learning process, the material is divided into three levels, namely beginner, intermediate and advanced. Each level has different learning material. The higher the level, the more difficult the material becomes. However, the material has been made sequentially so that it is easy for students to understand.
The role of digitalization of music arts learning at Ruangguru is that it can offer flexibility and learning is carried out centered on one Ruangguru application. Apart from that, learning can also run more focused and according to students' needs. Students can absorb learning material more easily because the material is divided into three levels with different levels of ability and difficulty.
Keywords: digitalization, learning, music, Ruangguru.