Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh scrapmod yang digunakan sebagai media pembelajaran pada materi bentuk molekul. Kelayakan scrapmod ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang dibatasi sampai uji coba terbatas. Aspek validitas diperoleh dari hasil penilaian oleh tiga validator yaitu dua dosen kimia dan satu guru kimia. Validitas yang dinilai tersebut terbagi menjadi dua yaitu validitas isi dan konstruk. Validitas isi memperoleh persentase sebesar 89,17%, sedangkan validitas konstruk mendapatkan persentase sebesar 87,02%. Kedua validitas ini masuk ke dalam kategori sangat valid. Aspek kepraktisan ditinjau dari respon peserta didik dengan mendapatkan persentase positif yakni sebesar 96,67% dengan kategori sangat baik, didukung dengan observasi aktivitas peserta didik selama uji coba media dengan memperoleh rata-rata aktivitas relevan sebesar 88,33% dengan kategori sangat baik. Aspek keefektifan ditinjau dari peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu jika nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Hasil pretest dan posttest harus diuji normalitas terlebih dahulu, kemudian dapat dihitung nilai N-gain-nya. Persentase nilai N-gain yang diperoleh peserta didik sebesar 0,6 dengan kategori sedang.
Kata kunci : scrapmod, media pembelajaran, bentuk molekul
The aim of this research is to obtain scrapmod as a learning media on molecular geometry matter. The feasibility of media that was developed assessed from the validity, practicality, and effectiveness criteria. This research used the R&D (Research and Development) method which is a limited trial stage. The validity is obtained from the assessments by three validators consisting of two chemistry lecturers and one chemistry teacher. The validity is divided into two, those are content validity and construct validity. Content validity gets a percentage of 89.17%, while construct validity gets a percentage of 87.02%. Both aspects of validity including in a very valid category. The practicality is reviewed from the responses of students by getting a positive percentage of 96.67% in a very good category. It is supported by observing the activities of students during limited trials that obtain average relevant activity percentage of 88.33% in a very good category. The effectiveness is assessed from improving student learning outcomes, that is the posttest value is higher than the pretest value. The results of the pretest and posttest must be normalized first, then the N-gain can be calculated. The average percentage of N-gain score is obtained as many as 0.6 in the medium category.